4 Cara Menaikkan Alexa Rank

Unknown
Update : 19/08/2015

Banyak pertanyaan bagaimana cara meningkatkan alexa rank blog? Sebagai metrik publik, pengiklan potensial, investor dan partner akan melihat alexa rank blog sobat dan menggunakannya sebagai cara untuk mengevaluasi nilai bisnis blog sobat. Untuk alasan itulah, perbaikan peringkat akan berdampak pada pendapatan blog.

Bagi sobat yang baru mengenal Alexa (anak perusahaan Amazon) atau belum terbiasa dengan Alexa, alexa rank merupakan sebuah metrik tunggal yang menyediakan ringkasan kinerja dari sebuah situs (baik milik sobat maupun kompetitor) terhadap semua situs lain di web. Jika sobat tidak fokus pada peringkat itu, maka sobat tidak akan melakukannya dengan maksimal dan meningkatkan nilai bisnis blog yang sobat miliki. Secara global, otoritas situs/ blog di web diterjemahkan sebagai peringkat Alexa situs/ blog sobat.

Sebelum melanjutkan pada pokok pembahasan mengenai cara meningkatkan alexa rank, ada baiknya jika kita mengetahui informasi tentang alexa terlebih dahulu ya..

Apa itu Alexa Rank

Alexa rank adalah perkiraan kepopuleran sebuah situs terhadap situs yang lain, sebuah algoritma metrik peringkat yang menitik beratkan perhitungan pada banyaknya kunjungan sebuah blog. Peringkat situs tidak hanya bergantung pada tingkat lalu lintas sebuah situs, tetapi juga perubahan lalu lintas dari situs lain. Meskipun banyaknya kunjungan menjadi faktor utama, tapi masih ada faktor-faktor yang lain yang belum diketahui. Banyaknya pengunjung belum tentu semuanya masuk dalam hitungan alexa.

Bagaimana Alexa Mendapatkan Data

Alexa memiliki panel traffic data yang besar yang berisi jutaan orang dari seluruh dunia. Berdasarkan sampel data ini, alexa memperkirakan jumlah pengunjung ke semua situs di internet. Sebuah perhitungan yang rumit yang melibatkan koreksi dari data yang bias, serta mengidentifikasi dan membuang traffic yang palsu atau spam traffic.

Bagaimana Alexa Rank Dihitung

Alexa memperkirakan rata-rata pengunjung setiap hari dan tampilan halaman untuk setiap situs selama 3 bulan terakhir. Situs dengan kombinasi tertinggi pengunjung dan tampilan halaman selama 3 bulan terakhir berada di peringkat #1.

Bagaimana jumlah pengunjung ke sebuah situs mempengaruhi Alexa Rank?

Semakin banyak jumlah pengunjung, maka semakin tinggi peringkat alexa yang akan diperoleh sebuah situs. Setidaknya seperti grafik yang digambarkan berikut :

cara meingkatkan alexa rank dengan cepat

Kenapa banyak blogger menggunakan alexa rank sebagai patokan dan repot-repot untuk berlomba mendapatkan peringkat yang tinggi? Sebenarnya blogger sendiri tidak terlalu perduli pada peringkat alexa, mereka hanya mengikuti permintaan yang datang dari para pengiklan yang menganggap semakin tinggi peringkat alexa rank sebuah blog maka semakin tinggi traffic blog tersebut. Ini dilihat dari segi traffic pengunjung, kalau dari segi google pagerank belum jaminan ya.. Apalagi saat ini (artikel diupdate), Google memberhentikan update pagerank.

Berikut ini 4 cara meningkatkan alexa rank :

1. Claim Your Site di Alexa
Melakukan claim situs sobat merupakan salah satu cara untuk meningkatkan alexa rank dengan cepat, dengan mendaftarkan situs sobat pada Alexa otomatis mereka mempunyai data dan melakukan perayapan ke situs sobat, dengan demikian situs sobat terpantau dengan baik oleh Alexa.

Bagaimana cara claim your site pada alexa, berikut langkah-langkahnya :
  • Login atau daftar di alexa.com bagi sobat yang belum punya akun di alexa.
  • Inputkan alamat situs sobat dan klik "Continue"
  • Pilihlah metode nomor 2 untuk claim situs sobat
  • Copy script yang tersedia disana ke dalam template situs sobat tepat dibawah kode <head>
  • Simpan template, lalu kembali ke halaman alexa dan klik "Verify my ID"
  • Jika muncul gambar centang hijau dan tulisan "Your site is successfully claimed" itu berarti sobat sudah berhasil meng-claim situs di alexa. 

2. Install alexa toolbar di browser.
Meng-install alexa toolbar di browser bisa membantu menaikkan peringkat alexa, meskipun pengunjung blog banyak tetapi alexa hanya menghitung pengunjung yang menggunakan alexa toolbar di browsernya saja, baca cara install alexa toolbar di browser. Manfaatkan dengan maksimal cara ini, karena bagaimanapun sobat akan selalu mengakses blog sobat sendiri setiap hari bukan?

Dengan meng-install alexa toolbar di browser sobat, dan mengakses blog sendiri seratus halaman per hari masing-masing minimal satu menit. akan membantu proses menaikkan peringkat alexa blog sobat hingga angka 700 ribu-an. Sebuah peringkat yang cukup lumayan bukan? Selanjutnya tugas sobat membuat artikel yang menarik dan berkualitas untuk menambah index pencarian dan menambah pengunjung.

3.  Pasang widget alexa di blog.
Memasang widget alexa juga bisa membantu menaikkan peringkat alexa blog. Ada dua pendapat berbeda, menurut pendapat pertama cara ini bisa membantu blog sobat mendapatkan perhitungan pengunjung meskipun pengunjung tersebut tidak meng-install alexa toolbar di browser mereka. Sementara menurut pendapat kedua, pengunjung yang tidak meng-install alexa toolbar di browser mereka tidak dihitung oleh alexa untuk itu banyak blogger yang sedikit kecewa karena kunjungan situs/ blognya banyak tapi tidak meningkatkan alexa rank-nya.

Satu lagi permasalahan yang menyebabkan kesenjangan, biasanya pengguna internet yang meng-install alexa toolbar pada browser adalah blogger dengan niche blog mengenai blogging dan seo, jadi kemungkinan besar yang cepat meningkat alexa rank-nya adalah blog-blog dengan niche tersebut. Sedangkan niche blog yang lain tidak secepat blog dengan niche blogging dan seo, inilah yang menyebabkan kesenjangan dan protes dari blogger dengan niche diluar blogging dan seo.

4.  Update artikel blog setiap hari.
Seperti halnya google, alexa juga suka dengan fresh konten. Untuk itulah mengapa banyak yang menyarankan supaya update artikel blog sobat secara teratur, karena akan mempengaruhi alexa rank blog sobat.

Update artikel bukan berarti sobat harus membuat artikel baru, mengedit atau memperbaharui artikel sobat juga dikategorikan membuat artikel baru karena artikel sobat kembali menjadi fresh. Jadi, jangan terpaku pada pembuatan artikel baru jika sobat sedang kurang mood atau belum mendapatkan ide akan menulis artikel tentang apa?

5.  Membuat posting tentang alexa.
Untuk poin ini, sepertinya sekarang sudah tidak relevan lagi.
Posting tentang alexa yang bisa sobat buat contohnya seperti postingan ini, karena biasanya banyak blogger yang ingin meningkatkan alexa rank mereka, dan akan mencari artikel seperti ini. Jika sobat membuat posting artikel yang sejenis ini, maka itu akan membantu sobat mendapatkan traffic pengunjung ke blog sobat yang akan sedikit-banyak berpengaruh juga kepada alexa rank blog sobat.

Demikian 4 cara meningkatkan alexa rank untuk blog, yang perlu dilakukan dari itu semua adalah konsisten. Beberapa blogger yang sekarang sudah mempunyai alexa rank dengan peringkat yang bagus pastinya juga sudah bekerja keras dengan konsisten beberapa lama. Tentunya mereka juga tidak akan mendapatkan hasil seperti sekarang jika ditengah perjuangan, mereka menyerah dan berhenti melakukan itu semua. Apabila peringkat alexa blog milik sobat turun, segera cari tahu penyebab dan solusi alexa rank yang menurun. Semoga artikel ini bermanfaat. Baca juga Cara Membuat Halaman Dengan Label Tertentu Thumbnail.

1 komentar:

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.