Cara Membuat Artikel yang Baik dan Menarik serta Berkualitas di Blog

Unknown
Membuat artikel di blog merupakan sebuah kewajiban bagi seorang blogger, karena blog tanpa artikel mustahil akan ramai kecuali toko online ( toko online pun sekarang menyertakan beberapa artikel tentang tips-tips mengenai produk mereka ), tapi bagaimana sih caranya membuat artikel agar banyak disukai atau yang biasa disebut artikel berkualitas? Bagi pemula ( seperti saya ) membuat artikel berkualitas bukanlah perkara mudah, butuh waktu dan konsentrasi tersendiri, meskipun begitu kadang kita merasa artikel yang kita bikin masih belum maksimal.

Perasaan minder pasti ada, yang terpenting dari semuanya yang perlu kita pegang adalah bahwa artikel yang kita buat bukan artikel copy-paste. Artinya, artikel tersebut benar-benar kita tulis sendiri dengan gaya bahasa sendiri, itu dulu saja patokannya. Sambil terus berlatih untuk mengasah keterampilan menulis kita supaya lebih baik lagi.

Tips Membuat Artikel Blog

Untuk mengasah keterampilan menulis (cara membuat artikel yang baik dan menarik), berikut ini ada tips yang mungkin bisa berguna :

1. Banyak Membaca

Untuk bisa membuat artikel blog yang berkualitas, sebaiknya sobat biasakan dulu untuk suka membaca. Seperti kata pepatah "Membaca Jendela Dunia", jika membaca sudah menjadi hobi maka sobat sudah mempunyai modal yang lumayan bagus. Membaca artikel dari blog-blog yang terbaik sudah pasti sobat akan membaca artikel yang berkualitas, dan tanpa sobat sadari pemilihan materi, struktur penulisan dan gaya bahasa dari blog populer akan tertanam di alam bawah sadar sobat, dan ini bagus karena akan membawa efek positif untuk sobat, karena terbiasa dan akrab dengan artikel berkualitas.

Jika sudah seperti ini sobat hanya tinggal mengeluarkan lagi apa yang ada didalam kepala sobat untuk menghasilkan artikel yang berkualitas juga. Dan biasanya secara otomatis akan ikut terbawa menggunakan struktur penulisan yang lebih bagus dari sebelumnya.

2. Gunakan Jurus ATM
Melanjutkan hobi membaca diatas, jurus ATM merupakan cara untuk menyusun kerangka artikel sobat. ATM yang dimaksud bukan mesin ATM untuk mengambil uang lho ya.. Maksudnya yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi. Nah dengan jurus ini, tidak akan pernah ada artikel copy-paste yang keluar dari kepala sobat. Dan yang jelas, artikel yang sobat buat merupakan artikel yang termasuk kategori berkualitas. Mengapa? Jika input berkualitas maka outputnya juga berkualitas. Karena sobat sudah terbiasa membaca artikel yang berkualitas, mengamatinya kemudian meniru dengan modifikasi dan perubahan sebagai penyempurnaan dari artikel sebelumnya, maka kemungkinan besar hasilnya pun akan berkualitas juga.


3. Latihan
Tips terakhir yaitu berlatih untuk mengaplikasikannya, dengan berlatih maka sobat tahu persis apa yang harus sobat lakukan setelah artikel jadi. Ya, sobat akan kembali membaca ulang dan melakukan revisi apabila ada sesuatu yang sobat anggap kurang. Selain itu, sobat juga akan menemukan gaya bahasa penulisan sobat sendiri, yang mungkin saja merupakan ciri khas sobat. Jadi jangan pernah berhenti untuk terus berlatih ya..

Nah berikutnya, kita masuk ke contoh bagaimana untuk membuat artikel blog yang berkualitas. Untuk membuat artikel di blog, tidak begitu saja langsung dibuat, butuh persiapan terlebih dahulu dengan menggunakan bantuan beberapa tools online yang gratis untuk membuat artikel. Mari langsung saja kita bahas.

1. Tentukan Tema Artikel
Awal sebagai persiapan cara membuat artikel yang baik dan menarik di blog adalah dengan menentukan tema, akan membahas mengenai masalah apa artikel yang akan sobat buat ini? Hal-hal apa saja yang akan menjadi poin untuk dijelaskan kepada pembaca/ pengunjung blog.

2. Riset Kata Kunci
Setelah sobat selesai dengan tema, saatnya beranjak ke langkah selanjutnya yaitu penentuan kata kunci. Untuk menentukan kata kunci, ada tools gratis yang disediakan oleh Google secara online yaitu Google Keyword Planner bisa sobat gunakan untuk membantu proses riset kata kunci ini.

Misalnya sobat akan mencari kata kunci tentang "merawat mawar"


Dan hasilnya


Tapi hasil tersebut terlalu umum, semua orang bisa menemukan kata kunci tersebut termasuk kompetitor sobat. Nah, jika sobat menggunakan cara berikut ini maka hasil yang akan sobat dapatkan bukanlah hasil yang umum yang bisa dipakai oleh semua orang sebagai kata kunci.

Untuk itu, sobat bisa menggunakan cara ini. Setelah menentukan kata kunci, sobat cari di google tentang kata kunci tersebut, lalu buka web/ blog yang berada diposisi pertama ( contoh saja, sobat bisa mencari artikel lain yang menurut sobat paling bagus dan berkualitas ). Setelah itu masukkan alamat url web/ blog tersebut seperti gambar berikut


Dan lihat hasilnya


Bagaimana, hasil yang berbeda kan? Walaupun mungkin di contoh ini perbedaannya hanya sedikit. Akan tetapi hasil ini merupakan kata kunci yang tidak terlalu umum yang dapat ditemukan dengan mudah bahkan oleh kompetitor sobat, mengapa? Karena tergantung dari alamat url yang dimasukkan. Disini sobat harus jeli dalam memilih alamat url yang akan sobat jadikan acuan.

Long tail keyword seperti ini bisa sobat maksimalkan di dalam artikel yang akan sobat buat. Meskipun secara kunjungan per bulannya sedikit, tetapi kemungkinan kata kunci tersebut di cari tetap ada. Dan ini bisa menjadi pengunjung organik blog sobat yang tentunya bernilai bagus secara penilaian mesin pencari.

3. Cari Artikel Populer yang Satu Tema
Langkah ini merupakan gabungan dari riset kata kunci yang mengambil alamat url dari artikel yang telah populer dan jurus ATM. Carilah artikel yang sobat anggap berkualitas, populer dan satu tema, 2-3 artikel. Bila sobat telah mendapatkan artikel tersebut, saatnya menggunakan jurus ATM, amati seluruh artikel tersebut. Adakah kesamaannya? Adakah yang satu bisa melengkapi yang lain? Jika perlu cari 2-3 artikel tambahan untuk menambahkan poin-poin yang mungkin belum ada di 2-3 artikel pertama yang sobat temukan.

Rangkumlah seluruh artikel tersebut, gunakan bahasa sobat sendiri lalu tambahkan dari yang satu ke yang lain sehingga artikel tersebut menjadi lebih lengkap daripada sebelumnya. Atau ada informasi dari sobat pribadi untuk ditambahkan di artikel yang tengah sobat buat ini, bisa juga di masukkan. Dengan gaya bahasa sobat sendiri maka jadilah artikel baru yang original dan unik tanpa copy-paste buatan sobat. Bagaimana? Mudah?

Tipe-Tipe Artikel

Berikut ini merupakan beberapa tipe artikel yang mungkin bisa membantu untuk membuat artikel yang baik dan menarik di blog, membuat artikel blog semacam ini bisa berpotensi untuk meningkatkan pengunjung di blog menjadi semakin besar. Apa saja tipe-tipe artikel tersebut? Berikut ini beberapa tipe artikel tersebut yang bisa dijadikan acuan :

1. Artikel yang Bermanfaat
Artikel bermanfaat bagi pengunjung dengan pembahasan yang cukup jelas menjadi salah satu kekuatan artikel untuk membuat blog mendapat banyak pengunjung. Bukan hanya pengunjung baru saja, orang yang pernah berkunjung pun mempunyai kemungkinan untuk kembali berkunjung karena artikel yang bermanfaat ini.

2. Artikel Pilar
Apa maksudnya? Artikel pilar merupakan artikel abadi. Ya, bisa dibilang seperti itu. Artinya, artikel ini bersifat abadi atau selamanya yang tidak lekang oleh waktu. Jadi meskipun sudah berusia beberapa tahun artikel tersebut masih akan dicari diinternet dan informasinya tetap relevan, tentu saja pengguna internet yang membutuhkan informasi ini akan tetap mencarinya. Sobat perlu benar-benar jeli untuk mencari tema dan membuat artikel semacam ini.

3. Artikel Berdasarkan Riset
Artikel yang dibuat berdasarkan riset bisa membuat blog banyak pengunjung karena ada sesuatu yang dibuktikan dari hasil riset tersebut, misalnya saja dalam link building. Dan mungkin saja hasil tersebut merupakan sebuah solusi dari beberapa pertanyaan yang sering muncul dari tiap orang yang bermasalah dengan link building dan belum memperoleh jawabannya.

4. Modifikasi Artikel

Ada banyak artikel hebat yang telah dibuat di internet, dan artikel yang diposting pemilik blog dapat memberikan banyak pengunjung blog tersebut. Nah, dari artikel-artikel semacam inilah sobat bisa membuat artikel hebat juga, bagaimana caranya? Perhatikan gab (ruang yang kosong/ hilang) dalam artikel tersebut dan yang perlu sobat lakukan adalah menutup ruang tersebut dengan sesuatu yang hebat sehingga terciptalah artikel baru yang hebat juga.

5. Artikel yang Editable
Maksudnya, artikel yang sobat buat selain merupakan artikel pilar juga artikel dengan sifat dapat diedit. Jadi meskipun dalam tema utamanya tidak banyak berubah namun artikel tetap bisa diedit agar update sesuai dengan masanya. Artikel yang seperti ini jarang dimiliki, kelebihannya adalah meskipun pengunjung blog sobat adalah pengunjung tetap/ setia mereka tidak akan bosan karena artikel yang mereka baca ternyata mempunyai informasi baru yang belum didapat saat membaca beberapa waktu lalu.

Menggabungkan tipe artikel diatas bisa membuat artikel blog buatan sobat menjadi benar-benar istimewa, namun bila merasa belum mampu untuk melakukannya maka sobat bisa memulainya dengan berlatih sedikit demi sedikit, seperti pepatah yang mengatakan practice makes perfect.

Dari beberapa pendapat yang menyatakan bahwa di era algoritma google yang baru baik dengan google pinguin, panda atau hummingbird, artikel benar-benar menjadi raja. Jadi istilah "content is king" bukan lagi sekedar isu. Sedangkan menurut informasi dari beberapa blog, ada yang menyatakan bahwa dengan konten yang berkualitas bisa juga mendapatkan backlink, jadi bukan tidak mungkin bahwa konten berkualitas juga bisa membuat blog banyak pengunjung bukan? Karena blog sobat menjadi rujukan oleh blog lain, inilah yang menyebabkan blog bisa mendapat banyak backlink tanpa melakukan blogwalking.

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Sementara, cara membuat artikel blog SEO friendly bisa sobat browsing sendiri untuk lebih lengkapnya, disini hanya beberapa saja yang akan saya jelaskan.

1. Kata Kunci pada Awal Suku Kata Judul Blog
Meletakkan kata kunci pada awal suku kata di judul blog merupakan cara yang lebih baik untuk mendapatkan SEO pada artikel sobat.

Contoh kata kunci : belajar seo
Judul 1 : Belajar SEO Blogspot untuk Pemula  ( Lebih Baik )
Judul 2 : Tempat Kursus Belajar SEO Terbaik

2. Kata Kunci pada 100 Kata Awal Posting
Meletakkan kata kunci pada 100 kata di awal posting dianggap mampu menjadi solusi yang baik untuk SEO blog.

3. LSI Keyword
Sertakan LSI keyword untuk mendukung kata kunci yang sobat incar karena kata kunci-nya menjadi semakin kaya (rich keyword) tapi tidak itu saja, dengan menambahkan LSI keyword maka sobat juga menambahkan keberagaman kata kunci, ini juga bagus karena tidak melulu kata kunci utama yang muncul secara berulang-ulang, buatlah minimal 3 kali muncul dalam artikel agar dianggap penting oleh mesin pencari. Sobat belum tahu apa itu LSI Keyword?

4. Buat Artikel 1500 kata
Membuat artikel dengan jumlah kata minimal 1500 kata mampu membantu meningkatkan peringkat blog, selain bisa lebih banyak meletakkan kata kunci pada badan artikel ternyata juga bisa membuat pengunjung bertahan lebih lama di blog. Selain itu jumlah kata antara 1500-2000 kata juga mampu membuat artikel bisa bertahan lama pada SERP.

5. Menulis untuk Pengunjung bukan Mesin Pencari
Jangan pernah menulis artikel yang hanya berisi kata kunci saja, karena tujuannya adalah mendapatkan banyak kata kunci dan dianggap akan berhasil memenangkan persaingan dengan kompetitor lainnya, sekarang jangan lakukan lagi. Untuk itulah gunanya keyword density atau kerapatan kata kunci yang hanya ditoleransi 3%-4%, supaya tetap enak dan nyaman ketika dibaca oleh pengunjung. Tidak hanya mengejar kata kunci saja.

Apakah setelah selesai membuat artikel blog yang berkualitas ini hanya cukup diposting saja? Tidak. Tugas sobat belum lah selesai, karena sobat masih harus mempromosikannya untuk mendapatkan pengunjung blog. Kalau sudah membuat artikel di blog yang membutuhkan waktu dan pikiran penuh tapi tidak ada yang membaca? Sayang juga kan.. Nah untuk itu, saatnya mempromosikan artikel tersebut melalui media sosial, email marketing dan lain-lain.

Demikian cara membuat artikel yang baik dan menarik serta berkualitas di blog, semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. terimakasih atas artikelnya mas, apakah penulisan artikel diatas sudah termasuk bagian dari onpage seo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba ana, menurut saya ini adalah struktur sederhana dari sebuah artikel yang dikategorikan seo. Meskipun menurut master seo masih banyak lagi faktor yang lain. Jika ada yang kurang, boleh ditambahkan mba ana. Terima kasih sudah mampir dan komentar..

      Hapus
  2. Hello you! I am the admin of the site adsensevn.com
    1 site is useful, I would be happy if cooperate with you in the future, please visit the given exchange and then, thanks!

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.