Cara Mengganti Ukuran Font Postingan di Blogspot

Unknown
Bagaimana cara mengganti ukuran font postingan di blogspot akan dibutuhkan manakala template yang kita pilih memberikan setting font pada posting-nya tidak sesuai dengan keinginan kita. Padahal untuk templatenya sudah cocok sekali dengan yang kita butuhkan, lalu bagaimana cara mengatasinya..?

Ukuran font pada postingan menjadi cukup penting, ini terkait dengan kenyamanan pengunjung saat membaca artikel yang kita publish. Jika ukurannya terlalu kecil, kasihan juga pengunjung kita bukan? Dan font yang terlalu besar juga kurang pas. Intinya adalah pada kenyamanan saat membaca, acuan ini bisa kita terapkan pada kita sendiri, apakah dengan ukuran font pada postingan sebesar itu sudah cukup terbaca dengan baik..? Dari pertanyaan inilah yang menjadi dasar perlukah kita mengubah ukuran font posting di blog kita.

Ada 2 cara yang bisa kita gunakan dalam mengganti ukuran font postingan :

Mengganti Ukuran Font Postingan dari Template
Cara yang pertama ini merupakan setting dari kode CSS di template yang memberikan ukuran font posting, untuk itu kita harus meng-edit ukuran font posting dari area template ini.

1.  Masuk ke area Edit HTML
2.  Cari menggunakan ctrl+F kode berikut : .post-body{  atau  .post-body {
3.  Untuk merubah jenis font, ganti kode berikut : font-family:Georgia
4.  Untuk merubah ukuran font, ganti kode berikut : font-size:15px;
5.  Simpan template jika anda sudah melakukan perubahan.

Bila dengan cara diatas, anda tidak bisa menemukan kode-kode tersebut atau setelah diganti belum juga berubah mungkin hal ini berhubungan dengan template yang anda gunakan. Solusi berikutnya untuk mengganti ukuran font postingan di blogspot dengan cara berikut :


Mengganti Ukuran Font Postingan dari Area Posting
Ketika kita akan membuat posting, disinilah tempat kita bisa merubah ukuran font posting. Biasanya sudah langsung kita setting saat seperti gambar berikut :

Namun jika cara tersebut belum berhasil, jangan putus asa dahulu. Coba dengan menggunakan cara berikut :

1.  Ubah format posting ke HTML
2.  Cari kode font-size
3.  Jika di kode tersebut tertulis seperti ini : font-size: small; maka anda tinggal mengganti kata "small" atau "x-small" dengan "normal"
4.  Publish atau Update postingan anda dan lihat hasilnya.


Cara Mengganti Ukuran Font Postingan di Blogspot ini sudah saya coba sendiri dan sudah berhasil. Semoga anda yang sedang ingin merubah font di postingan juga bisa menerapkan dan berhasil menggunakan cara ini. Semoga bermanfaat. Baca juga artikel mengenai cara membuat homepage halaman statis di blogspot.

7 komentar:

  1. thank gan, sya bnyak belajar dr blog anda, salam kenal..

    BalasHapus
  2. sangat membantu :) trimakasih.

    BalasHapus
  3. Kakak saya mau nanya. Saya edit konten. Setelah edit konten, saya lihat kontennya. Yang terjadi ukuran tulisan jadi smallest atau kecil sekali. Solusinya gimana? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa penjelasan diatas sudah bisa jadi solusi permasalahannya, tinggal di ctrl+A untuk memilih seluruh bagian text lalu kembalikan ke ukuran normal..

      Semoga membantu..

      Hapus
  4. di HTML saya gak ada kata small atau x small, tapi tulisannya tetap kecil, gimana nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba dikembalikan ke ukuran normal saja, caranya di blok semua tulisannya lalu pilih font pengaturan normal seperti gambar diatas.

      Hapus
  5. Alhamdulillah, akhirnya pengunjung blog saya matanya tidak pegel lagi

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.