Hubungan Antara AlexaRank dan Google Pagerank

Unknown
Banyak blogger yang berlomba-lomba untuk membuat blog lebih seo friendly demi mendapatkan peringkat google pagerank dan alexarank yang lebih baik. Dengan peringkat google pagerank dan alexarank yang bagus, sebuah blog dianggap mempunyai kemampuan yang lebih dalam mengoptimalkan seo sehingga peringkat tersebut menjadi suatu hal yang patut dibanggakan. Lalu apa hubungan antara alexa rank dan google pagerank?

Memang kemampuan dalam menerapkan strategi seo blog agar bisa menempati posisi bagus, baik di search engine dalam hal ini google dan alexa, butuh keahlian yang tidak didapat dalam sekejap. Selain keahlian, ketekunan dan disiplin serta konsisten untuk tetap berada di jalur seo yang benar menjadi faktor pendukung yang sangat mempengaruhi hasil akhir sebuah blog di mata indikator-indikator tersebut.

Pengertian Google PageRank
Google pagerank adalah sebuah indikator yang diberikan oleh google kepada sebuah blog berdasarkan reputasi dari blog tersebut. Banyak poin yang bisa dijabarkan dari kata reputasi ini diantaranya keunikan dan keaslian artikel yang diproduksi, bukan blog yang hanya berisi artikel paid review melulu, bermanfaatnya blog bagi pengunjungnya dan masih banyak poin yang saya sendiri tidak terlalu paham. Tidak paham kok menjelaskan? Contoh diatas merupakan beberapa hal yang sudah umum dibahas dibanyak artikel tentang reputasi sebuah blog dan cara mudah mendapatkan google pagerank.

Google pagerank memberikan peringkat mulai dari N/A sampai 10, N/A biasanya diperuntukkan bagi blog yang baru lahir dan nilai 10 merupakan nilai maksimal dari google pagerank yang menandakan blog tersebut sangat baik.

Pengertian Alexarank
Alexarank adalah indikator yang diberikan kepada sebuah blog berdasarkan tingkat kunjungan/ traffic. Semakin tinggi traffic visitor sebuah blog, maka akan semakin bagus pula nilai blog tersebut di mata alexa.

Berbeda dengan google pagerank, alexa mempunyai nilai kebalikan dari itu, di alexa blog dengan tingkat traffic yang tinggi akan mendapatkan nilai yang kecil. Semakin kecil nilai alexa sebuah blog, maka semakin tinggi traffic blog tersebut. Anda bisa baca bagaimana cara menaikkan alexa rank atau merampingkan alexa rank.

Hubungan Antara AlexaRank dan Google PageRank
Sebetulnya hubungan antara AlexaRank dan Google PageRank sama sekali tidak ada, ini karena kedua indikator tersebut bekerja untuk tujuan yang berbeda. Coba saja anda perhatikan, kadang ada blog dengan global alexa rank dibawah 500ribu tidak mendapatkan google pagerank, sementara blog yang lain dengan global alexa rank diatas 1 juta bahkan puluhan juta tapi mempunyai google pagerank. Meskipun begitu indikator-indikator ini dianggap sangat penting untuk keberlangsungan sebuah blog. Benarkah?

Seberapa penting Google pagerank dan alexarank bagi sebuah blog?
Hubungan AlexaRank dan Google PageRank - Blog OonlineJika ada pertanyaan seperti ini, yang perlu diketahui terlebih dahulu sebelum menjawab pertanyaan tersebut yaitu apa tujuan yang akan dicapai blog tersebut? Lho..? Pertanyaan kok dijawab dengan pertanyaan lagi..?

Karena dengan mengetahui alasan atau tujuan sebuah blog, maka pertanyaan diatas baru akan terjawab. Misal, tujuan sebuah blog hanya untuk aktivitas mengisi waktu luang dan bersenang-senang tentunya akan berbeda dengan blog yang bertujuan untuk menghasilkan income. Jika yang pertama yang menjadi tujuan sebuah blog, maka google pagerank dan alexarank menjadi hal yang tidak penting, lain halnya jika yang kedua yang menjadi tujuan sebuah blog, maka google pagerank dan alexarank menjadi sangat perlu sebagai alat kontrol blog tersebut.

Google PageRank dan AlexaRank, mana yang lebih penting?
Jika pertanyaan ini yang ditanyakan, kedua indikator tersebut baik google pagerank dan alexa rank tidak penting semua. Lho kenapa kok jawabannya jadi tidak penting semua? Ya, karena yang lebih penting dari kedua hal tersebut adalah traffic. Jadi lebih penting alexa dong, bukankah alexa yang berhubungan dengan traffic? Benar, alexa berhubungan dengan traffic. Namun alexa hanya akan menghitung traffic berdasarkan kriteria mereka sendiri, tidak semua traffic akan masuk perhitungan mereka ( akan saya bahas di artikel lain ). Jadi didalam masalah traffic yang satu ini, alexa tidak bisa dipakai sebagai acuan.

Lalu kenapa traffic yang dipilih diantara dua indikator yang sudah ternama tersebut? Karena dengan traffic blog anda yang tinggi, masih bisa digunakan untuk mendapatkan income dengan membuat iklan mandiri di blog anda tanpa perlu kedua indikator tersebut sebagai acuannya.

Demikian artikel mengenai hubungan antara alexarank dan google pagerank, semoga bermanfaat.

1 komentar:

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.