Cara Legal Mencuri Backlink dari Blog Populer

Unknown
Update : 31/07/2015


Alasan Backlink itu Penting
Backlink merupakan faktor penting dalam mengembangkan website atau blog sering disebut dengan link building, karena semakin banyak backlink ke website atau blog sobat maka akan semakin menarik perhatian mesin pencari mengarah kepada website atau blog sobat.

Itulah mengapa backlink menjadi sangat penting untuk website atau blog sobat. Dengan perhatian mesin pencari yang mengarah ke website atau blog sobat, maka dengan itu pula posisi peringkat website atau blog akan semakin bagus karena muncul pada posisi tinggi hasil pencarian mesin pencari dengan kata kunci yang sobat maksud tentunya.

Namun, sekarang Google telah melakukan update pada algoritmanya. Jumlah backlink bukanlah menjadi faktor penentu, kualitas dan relevansi konten menjadi lebih diutamakan. Tapi cara yang akan kita pelajari ini tetap masih relevan untuk digunakan, jadi sobat tidak perlu khawatir jika cara dibawah ini akan kadaluarsa.

Kendala Mencari Backlink
Meskipun begitu pentingnya backlink untuk posisi sebuah website atau blog, namun mencari backlink untuk meningkatkan posisi pada hasil pencarian mesin pencari bukan perkara mudah. Disinilah tantangan yang sering menjadi penghambat blogger untuk memajukan blognya. Ini juga yang menjadikan jasa backlink menjadi usaha yang prospektif.

Berikut ini beberapa kendala mencari backlink yang mungkin bisa sobat sikapi dan kemudian mencari solusinya :

  • Belum tahu Caranya, kendala mencari backlink yang pertama yaitu belum tahu caranya, biasanya  ini dialami oleh blogger yang masih pemula dan belum tahu persis bagaimana cara mencari dan mendapatkan backlink.

  • Tidak punya Waktu, kendala mencari backlink yang kedua yaitu tidak punya waktu, banyak blogger yang dalam dunia nyata masih bekerja dikantor sehingga dalam urusan mencari backlink tidak punya waktu karena kesibukan dunia kerjanya. Bagaimanapun juga, mencari backlink adalah kegiatan yang membutuhkan banyak waktu dan membosankan, namun bila ini dilakukan hasilnya sangat pantas dengan kerja keras tersebut.

  • Kesulitan Mencari Web/ Blog, kendala mencari backlink yang ketiga yaitu kesulitan mencari web/blog dengan syarat tertentu agar menghasilkan backlink yang berkualitas. Karena tidak sembarang backlink bisa menghasilkan backlink yang memberikan efek bagus kepada web/ blog sobat. Nah, untuk mencari web/ blog dengan kriteria tertentu bukan perkara yang mudah juga.

Meskipun mungkin masih banyak dari kendala-kendala yang bisa saja sobat hadapi, namun bukan berarti tidak ada solusinya usaha dalam mencari backlink ini. Dan, solusinya bisa dikatakan cukup mudah.

Logikanya yaitu, mengapa kita tidak mengikuti saja web/ blog yang sudah populer dengan backlink yang sudah ribuan? Itulah mengapa blogoonline membagi informasi cara legal mencuri backlink dari blog populer.

Tapi, mencuri kok legal..? Ya benar, legal. Karena sobat tidak merugikan web/ blog tersebut. Yang perlu sobat lakukan hanya mengintip backlink yang melekat pada web/ blog populer tersebut. Lalu bagaimana cara legal mencuri backlink dari blog populer ini dilakukan? Sobat akan memanfaatkan beberapa layanan tools backlink online yang ada di internet, dan memaksimalkan kerjanya untuk sobat. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menerapkan cara legal mencuri backlink dari blog populer :

1.  Kumpulkan Blog Populer satu Niche

Langkah pertama dalam cara legal mencuri backlink dari blog populer adalah mengumpulkan blog populer yang satu niche dengan blog sobat. Setidaknya kumpulkan 10 blog populer terbaik di niche dan kata kunci yang sobat tentukan. Mengapa demikian? Karena blog dengan ke-populer-an yang dimiliki tentunya juga memiliki backlink yang berkualitas yang menuju blog mereka. Bukan begitu?

Catatan :  Pastikan langkah ini dilakukan dengan benar, karena Google saat ini memberikan bobot nilai yang tinggi dengan lebih memperhatikan relevansi konten daripada jumlah backlink yang banyak.

Baca : Cara menggunakan SEOquake

2.  Gunakan Tools Online

Langkah kedua didalam cara legal mencuri backlink dari blog populer yaitu dengan menggunakan tools backlink online, beberapa diantaranya sebagai berikut :

Backlink Watch
Backlink watch merupakan program gratis yang luar biasa, dengan program ini sobat bisa mengambil jejak backlink blog populer dan menyimpannya dengan meng-ekspor dengan mudah.

cara legal mencuri backlink dari blog populer
Gambar : http://www.matthewwoodward.co.uk


Small SEO Tools
Small seo tools juga program gratis untuk melacak jejak backlink, namun small seo tools tidak bisa menyimpan file dengan meng-ekspor-nya.

cara legal mencuri backlink dari blog populer
Gambar : http://www.matthewwoodward.co.uk


Link Diagnosis
Link diagnosis juga merupakan program backlink checker yang melayani gratis, link diagnosis menggunakan database Open Site Explorer. Dan sobat bisa meng-ekspor data backlink yang sobat cari dengan mudah sekali klik.

cara legal mencuri backlink dari blog populer
Gambar : http://www.matthewwoodward.co.uk


Ahrefs
Sedikit berbeda dengan tools backlink online diatas, ahrefs mempunyai dua jenis member. Yaitu member gratis dan member yang berbayar, tentunya member berbayar mempunyai pelayanan yang lebih lengkap bila dibandingkan dengan member yang gratis.

Member gratis hanya menampilkan beberapa saja daftar backlink yang dimiliki sebuah web/ blog, sementara member premium akan menampilkan daftar yang lebih banyak dari member gratis.

cara legal mencuri backlink dari blog populer
Gambar : http://www.matthewwoodward.co.uk


Majestic SEO
Hampir sama dengan tools backlink online diatas, majestic seo juga menerapkan dua jenis member, gratis dan berbayar.

cara legal mencuri backlink dari blog populer
Gambar : http://www.matthewwoodward.co.uk

3.  Buat Daftar dan Lakukan Blogwalking

Dari tiap-tiap tools backlink online tersebut, sortir terlebih dahulu alamat blog yang memiliki niche sejenis dengan blog sobat. Karena biasanya banyak alamat yang tidak satu niche juga memberi link kepada blog populer tersebut. Setelah sobat mendapatkan alamat url dari blog-blog populer maka buatlah daftar alamat url tersebut. Ini bisa sobat kelompokkan sesuai dengan jenis blog (nofollow atau dofollow) ataupun atribut-atribut lain seperti pagerank (gunakan seoquake untuk melihatnya) dan lain-lain sebelum sobat menggunakan alamat url tersebut untuk kegiatan blogwalking.

Baca : Mengenal apa itu blogwalking?
           Manfaat anchor text saat blogwalking

Demikian artikel mengenai cara legal mencuri backlink dari blog populer, sebenarnya masih banyak tools backlink online, sobat bisa mencarinya di google. Beberapa daftar diatas hanya sebagian saja, semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. tpi kebanyakan situs - situs pengecek backlink gk bakalan memberikan semua data backlink dari suatu website gan? ada gak tools / software yang bener - bener bs mngitip backlink dari suatu website?

    BalasHapus
  2. ahref dan majestic seo bisa dimanfaatkan lebih optimal gan, namun perlu upgrade akun untuk mendapatkan data backlink lebih lengkap.

    BalasHapus
  3. Maaf saya masih belum mengerti nih yang di maksud backlink disini apa ya.? Setahu saya kalau backling itu kita yang tentukan misalkan >blogspot>atau website penyedia jasa

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.