PPC : Bisnis Online tanpa Modal

Unknown
Setiap blogger pasti ingin memperoleh pendapatan dari blognya, ppc merupakan salah satu jenis bisnis online yang bisa memberikan kesempatan pada para blogger untuk mendapatkan profit dari blognya. Bagi sobat yang masih pemula, mungkin belum begitu mengerti tentang ppc, berikut informasi mengenai ppc.


Apa itu PPC?

PPC merupakan singkatan dari Pay Per Click, jika diartikan sesuai dengan kata-katanya, ppc berarti membayar untuk sebuah klik. Sementara arti sebenarnya ppc adalah sebuah bisnis periklanan online dimana pemilik blog berperan untuk menampilkan iklan dari pihak ketiga yaitu pemilik iklan. Sistem komisi yang diberikan dihitung berdasarkan per klik.

Jika sobat perhatikan dimedia cetak, mereka menggunakan sistem per kata, per kotak, per kolom atau per halaman. Di internet sistem yang digunakan yaitu per klik. Sampai disini mudah-mudahan sobat paham dengan apa yang dimaksud ppc ya? Lalu, bagaimana sih cara kerja ppc itu?

Cara Kerja PPC

Begini, pemilik iklan (baik itu produk fisik atau ebook maupun penyedia jasa) perlu mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan agar dikenal publik secara online. Biasanya pemilik iklan sudah punya website atau blog bisnis mereka, lalu menggunakan jasa ppc agar website atau blog bisnis mereka bisa tampil di search engine dan dikunjungi banyak orang yang pada akhirnya bisa terjadi penjualan terhadap produk atau jasa mereka.

Google Adsense, merupakan salah satu pengelola ppc yang terbesar dan menjadi primadona di dunia maya. Dengan kredibilitas dan profesionalitas mereka, banyak orang sudah percaya. Sobat bisa melihat disebelah kanan pada saat tampilan google berhasil menampilkan informasi yang sobat cari di halaman google.

Nah, pihak pemilik iklan melakukan kerjasama dengan pihak pengelola ppc. Termasuk berapa harga per klik yang akan mereka bayarkan. Dari jumlah dana dan harga per klik tersebut, maka akan didapat total klik yang akan mereka peroleh. Jika telah mencapai total klik, otomatis dana deposit tersebut akan habis dan iklan sudah tidak bisa ditayangkan.

Sobat sebagai pemilik blog, berkesempatan untuk menayangkan iklan pada blog milik sobat dengan mendaftar pada pengelola ppc. Ketika terjadi klik pada iklan yang tayang di blog sobat oleh pengunjung, saat itulah sobat memperoleh komisi dari pengelola ppc. Tentunya harganya lebih rendah dari pada per klik yang dibayarkan oleh pemilik iklan kepada pengelola ppc.

Dengan cara seperti ini, pemilik iklan diuntungkan karena website atau blog bisnis mereka akan tampil dibanyak tempat yang tentu saja membuat website atau blog bisnisnya lebih cepat dikenal dan mendapatkan kunjungan.

Bagaimana tidak, selain tampil di hasil pencarian google juga tampil di blog-blog yang mempunyai traffic kunjungan yang tinggi. Dan tentu saja, dari kunjungan yang unik dapat membantu meningkatkan peringkat website dan blog bisnis mereka di mata search engine, bahkan bisa berada di halaman satu google. Efeknya, kunjungan meningkat yang berdampak pada nilai konversi penjualan yang meningkat pula.

Pengunjung yang datang pun adalah pengunjung tertarget berdasarkan kata kunci yang mereka cari, begitu juga sebaliknya, website atau blog bisnis tersebut hanya akan tampil sesuai dengan kata kunci atau yang mendekati dengan kata kunci tersebut di cari oleh pengunjung di search engine.

Sampai disini, semoga sobat paham dengan cara kerja ppc ini ya.. Lalu, posisi kita sebagai publisher iklan di blog milik kita, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan komisi tersebut?

Cara Menghasilkan dari PPC

Bagaimana cara menghasilkan dari ppc? Saat ini, bisnis periklanan menjadi sebuah bisnis yang besar. Tidak hanya di media cetak dan media elektronik, di dunia maya pun bisnis periklanan berubah menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan.

Ya, bisnis publisher merupakan bisnis periklanan dimana sobat sebagai pemilik website atau blog bisa berkesempatan untuk menayangkan iklan di website atau blog sobat dan menghasilkan uang. Lalu, bagaimana jika tidak memiliki website atau blog? Jangan khawatir, sobat masih memiliki kesempatan dengan memanfaatkan media berbagi video.

Berikut adalah cara menghasilkan dari bisnis ppc :

1.  Membuat Website atau Blog, cara yang paling umum dalam menjalankan bisnis publisher adalah dengan membuat website atau blog. Website atau blog yang mempunyai topik tentang informasi yang bermanfaat bagi orang lain tentu akan banyak pengunjung. Dari pengunjung inilah nantinya pemilik website atau blog bisa menghasilkan uang.

2.  Membuat Video, sobat tidak harus memiliki website atau blog untuk bisa menghasilkan dari bisnis ppc. Dengan membuat video dengan tipe tutorial atau hiburan sobat juga bisa menjadi publisher. Video yang menarik minat banyak orang bisa sobat manfaatkan untuk menghasilkan income. Misalnya, video tutorial berhijab yang belakangan jadi sebuah trend. Kemudian, video yang berisi hal-hal yang sifatnya menghibur orang.

Dari menempatkan iklan di dua media diatas, sobat berkesempatan untuk menghasilkan uang dari ppc.

Pengunjung sebagai faktor penting dari keberhasilan sobat dalam menghasilkan uang dari bisnis ppc ini, untuk itu sobat sebaiknya memperhatikan isi atau artikel yang akan sobat suguhkan kepada pengunjung baik itu website/ blog sobat maupun video. Dengan informasi yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan pengunjung tentu akan memberikan sebuah kepuasan kepada pengunjung, mereka akan merasa bahwa membaca artikel di website/ blog sobat atau melihat video sobat tidak sia-sia meskipun membutuhkan durasi waktu yang cukup lama.

Dengan pengunjung yang betah berlama-lama di blog atau menonton video, diharapkan terjadi konversi klik pada iklan ppc yang tayang di blog atau video sobat.

Daftar PPC Terbaik dan Terpercaya
Banyak pengelola program ppc bermunculan baik ppc luar negeri maupun ppc lokal Indonesia semenjak program ppc paling populer yang menjadi idaman seluruh blogger, Google Adsense, memperketat aturannya.

Daftar PPC Lokal Terbaik yang Terbukti Membayar :

1.  AdsenseCamp
Harga klik   : Rp.300,- (iklan teks) dan Rp.400,- (iklan gambar)
Minimum pembayaran : Rp.100.000,- dibayar setiap awal bulan antara tanggal 1- 15 (BCA, Mandiri, BNI dan Paypal)
Syarat : tidak ada, blog baru diperbolehkan

2.  KumpulBlogger

Harga klik Rp.300,- (iklan teks) dan Rp.350,- (iklan gambar)
Minimum pembayaran : Rp.10.000,- (disarankan bank BCA supaya tidak terpotong biaya transfer)

3.  KlikSaya
Harga klik Rp.500 – Rp.800,-
Minimum pembayaran : Rp.60.000,- ditransfer maksimal tanggal 10 pada bulan berikutnya (rekening bank)
Syarat : traffic blog minimal 10.000 per bulan, mengirimkan data bank serta foto data diri bisa berupa SIM/ KTP untuk mengaktifkan keanggotaan

4.  idBlogNetwork
Harga : Rp.700,- sampai Rp.1.000,- bahkan bisa lebih
Minimum pembayaran : Rp.1.000.000,-
Syarat : hanya blog yang benar-benar berkualitas saja yang diperbolehkan untuk mengikuti program dari idBlogNetwork

5.  PPCIndo
Minimum pembayaran : Rp.100.000,- dibayarkan pada tanggal 5 bulan berikutnya, komisi akan diakumulasi jika belum mencapai nilai minimal.

Kemudian untuk selanjutnya program PPC yang berasal dari luar negeri, seperti berikut :

Daftar PPC Terbaik yang Terbukti Membayar dari Luar Negeri

1.  Google Adsense
Harga : $1 atau lebih
Minimum pembayaran : $100
Syarat : usia blog minimal 6 bulan, rajin update, artikel original bukan copy paste, bukan situs SARA, judi, pornografi dan lain-lain.

2.  Infolink
Minimum pembayaran : $50 via Paypal
Syarat : blog berbahasa Inggris. Iklan akan muncul berupa link di teks dalam artikel sobat.

3.  Chitika
Minimum pembayaran : $10 via Paypal
Menerima situs web atau blog berbahasa Indonesia

4.  Bidvestiser
Minimum pembayaran : $10 via Paypal
Sudah mendukung situs web atau blog berbahasa Indonesia

Meskipun bisnis ppc bisa dikatakan tanpa modal, tapi sobat perlu bekerja keras untuk membangun blog supaya ramai pengunjungnya. Karena beberapa program ppc memberikan syarat pengunjung blog sebagai acuannya, dan jika pengunjung blog tidak sesuai target dalam setiap bulannya, maka otomatis iklan akan dihentikan secara sepihak oleh pengelola ppc.

Demikian ulasan mengenai ppc, jika ada yang kurang dalam informasi tersebut atau bila ada yang ingin menambahkan program ppc  lain yang belum tercantum dalam daftar ppc lokal terbaik yang terbukti membayar maupun daftar ppc luar negeri diatas silahkan memberikan komentar, semoga informasi yang saya sharing kali ini bermanfaat untuk sobat semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.