Tips Aman Terhindar Penipuan Saat Belanja Online

Unknown
Tips Aman Terhindar Penipuan Saat Belanja Online - Belanja online kian hari kian meningkat seiring dengan tren dan tingkat kepercayaan masyarakat, namun tidak sedikit juga orang yang memanfaatkan tingkat kepercayaan masyarakat ini dengan melakukan penipuan dengan modus toko online.

Tips Aman Terhindar Penipuan Saat Belanja Online
Banyaknya korban penipuan dengan modus belanja online karena kurang mengetahui bagaimana cara berbelanja online dengan benar, bagaimana pun belanja secara online termasuk cara baru di Indonesia. Karena itulah banyak yang belum tahu bagaimana cara yang benar dalam melakukan belanja secara online.

Baca : 10 Produk Paling Laris Dijual Online

Lalu bagaimana cara mengantisipasi agar tidak tertipu saat melakukan belanja secara online? Berikut ini beberapa tips aman terhindar penipuan saat belanja online :

1. Reputasi Pemilik Toko Online
Tidak semua toko online dimiliki oleh perusahaan, banyak juga toko online yang dimiliki oleh perorangan. Untuk itu, anda perlu mencari informasi tentang reputasi pemilik toko online tersebut. Anda bisa mulai dengan alamat asli dari toko online tersebut, dengan memanfaatkan fasilitas dari google anda bisa melakukan pengecekan apakah alamat tersebut asli atau palsu.

Berikutnya yang perlu diperhatikan dari pemilik toko online yaitu kontak atau nomor yang bisa dihubungi, usahakan untuk menghindari nomor yang tidak bersedia menerima telepon alias sms only. Carilah sedetail mungkin informasi mengenai pemilik toko online jika anda memang memutuskan untuk belanja di toko online tersebut.

2. Perhatikan Informasi Produk
Memperhatikan produk hanya melalui foto saja mungkin memang tidak maksimal, namun untuk produk semacam kosmetik anda bisa mencari tahu sedikit informasi mengenai kandungan yang tertera di label kosmetik tersebut. Anda bisa melakukan hal serupa dengan produk lain sesuai dengan kriteria dan spesifikasi produk tersebut.

Selain itu, cari dulu informasi pembanding dari produk yang anda cari agar anda benar-benar tahu detail produk tersebut.

3. Jangan Tergiur Harga Murah
Membeli produk yang berharga murah dengan kualitas bagus, setiap orang pastinya senang bukan? Selain bisa digunakan sendiri, setidaknya dengan harga murah masih bisa dijual kembali. Namun sebaiknya anda tidak terbawa emosi dengan hal tersebut terutama pada produk gadget dan kosmetik. Mungkin anda sudah tahu kan dengan informasi gadget yang rekondisi (gadget ilegal) atau kosmetik palsu?

Selalu tetap waspadalah dalam melakukan belanja online terlebih jika anda tertarik untuk membeli dari toko online yang bukan perusahaan, maksudnya toko online yang dimiliki oleh perseorangan. Teliti sebelum membeli jangan sampai menyesal nantinya.

Demikian tips aman terhindar penipuan saat belanja online, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.