Cara Membuat Blog Gratis di Blogger : Panduan Lengkap

Admin
Cara membuat blog gratis di blogger saat ini sudah sangat berbeda dengan beberapa tahu kemarin. Hal ini dikarenakan google menerapkan satu akun bisa dipakai untuk beberapa program yang dimilikinya seperti email, blogger, google drive (tempat penyimpanan file) sampai youtube. Dengan kebijakan ini, tampilan halaman utama blogger juga berubah. Yang biasanya tampil halaman blogger lebih dulu, kini yang tampil langsung halaman login email.

Dan hal ini mungkin akan sedikit membuat bingung mereka yang pemula yang belum tahu cara membuat blog di blogger, tapi sobat tidak perlu khawatir jika masih tetap ingin membuat blog di blogger dengan perubahan tersebut. Karena banyak artikel yang ditulis di internet tentang cara membuat blog gratis di blogger merupakan posting lama, sehingga secara tampilan sudah pasti berbeda, dan ini masuk akal karena seiring waktu yang berjalan tentunya perubahan pasti terjadi, apalagi google sebagai sebuah perusahaan besar.

Persiapan Awal
Untuk membuat blog di blogger, ada beberapa persiapan awal yang sebaiknya sobat lakukan.
Langkah pertama, yang perlu sobat persiapkan adalah email. Sebaiknya, buat email dari layanan google juga yaitu google mail atau sering disebut dengan gmail. Anggap saja sobat sudah punya email, baca cara membuat email.

Langkah kedua, persiapan yang harus sobat lakukan yaitu melakukan riset untuk nama blog yang akan sobat gunakan. Mengapa harus melakukan riset? Karena dengan melakukan riset diharapkan nama blog sobat mengandung kata kunci yang banyak dicari, sehingga kemungkinan blog sobat muncul semakin besar, namun bukan jaminan jika sobat tidak memaksimalkan hal lain. Tapi dengan melakukan riset setidaknya sobat sudah satu langkah didepan dalam penggunaan SEO pada blog sobat.

Sobat bisa mengunakan Google Keyword Planner untuk membantu melakukan riset sobat, berikut ini cara melakukan riset keyword menggunakan Google Keyword Planner :

1. Buka https://adwords.google.com/KeywordPlanner
2. Sign In dengan akun gmail sobat
3. Masukkan kata kunci yang sobat bidik
4. Pilih Negara dan Bahasa yang akan muncul di pencarian
5. Klik "Get Ideas"

Riset Keyword Cara Membuat Blog di Blogger

6. Klik "Keyword Ideas"
7. Pilih kata kunci dengan tingkat pencarian rata-rata per bulan minimal/ Avg. monthly searches "1.000" dan tingkat persaingan/ competition "Low"

Riset Keyword Cara Membuat Blog di Blogger

Riset keyword ini juga bisa sobat lakukan pada saat sobat akan membuat artikel, dengan riset keyword diharapkan artikel sobat bisa membantu pembaca sehingga blog sobat memperoleh banyak kunjungan nantinya.

Catatan :  Persaingan kata kunci di GKP mengacu pada persaingan di Google Adwords, bukan persaingan di Google pencarian organik. Jadi, sering kali persaingan kata kunci yang tinggi di Adwords ternyata mudah untuk mendapatkan ranking, begitu juga sebaliknya.

Langkah ketiga, bila perlu sobat persiapkan dahulu kurang lebih 30 artikel dengan topik sesuai dengan blog yang akan sobat buat. Mengapa? Jika sobat sudah mempunyai stok artikel, maka sobat masih memiliki waktu untuk mencari ide dalam membuat artikel selanjutnya. 30 artikel pertama yang sobat buat tadi merupakan stok untuk satu bulan, sobat lakukan posting satu artikel per hari.

Dengan persiapan awal yang matang, diharapkan blog sobat akan lebih berkualitas baik dari segi SEO, template maupun artikel. Setelah persiapan selesai, saatnya masuk ke langkah membuat blog di blogger.

Cara Membuat Blog di Blogger

Berikut ini cara membuat blog gratis di blogger :
1.  Langsung menuju ke halaman blogger.com
2.  Masukkan email sobat
3.  Klik “New Blog”
4.  Masukkan nama blog yang sobat inginkan
5.  Masukkan alamat blog yang sobat inginkan
6.  Pilih template yang sobat inginkan
7.  Klik “Create Blog”

Cara Membuat Blog di Blogger

Apabila saat memasukkan alamat blog terjadi kesalahan, mungkin alamat blog yang sobat masukkan sudah dipakai oleh blogger lain, jadi sobat diharap untuk mengganti alamat blog sobat. Biasanya alamat terdiri dari tiga sampai empat kata yang bisa sobat gunakan. Sobat juga bisa menggunakan tanda sambung ( - ) atau tanda titik dalam upaya untuk membuat alamat sobat berbeda sehingga masih tersedia untuk sobat gunakan.

Misal : alamatblogsobat.blogspot.com

Alternatif : alamat-blogsobat.blogspot.com atau alamatblog-sobat.blogspot.com

Alternatif lain tambahkan kata “blog” atau “info” di akhir atau awal alamat lengkap blog sobat. Sampai disini sobat sudah berhasil membuat blog di blogger, lalu langkah selanjutnya yaitu membuat artikel untuk di terbitkan di blog sobat.

Cara Memilih Template Blog
Untuk memilih template blog, sebaiknya sobat memilih template blog dengan kriteria yang banyak disarankan oleh blogger profesional. Kriteria template blogger tersebut antara lain :

1. Template Blogger SEO Friendly
Template blog yang SEO Friendly memungkinkan membantu blog agar lebih bersahabat dengan mesin pencari, sehingga diharapkan akan lebih mudah muncul dalam hasil pencarian di mesin pencari.

2. Template Blogger Responsive
Template blog responsive dimaksudkan agar blog sobat menjadi lebih fleksibel ketika diakses, mengapa? Karena template blog yang responsive mampu menyesuaikan dimana blog diakses, misalnya blog diakses dari tablet maka otomatis tampilannya akan sesuai dengan layar tablet, begitu juga jika menggunakan smartphone dan lain-lain. Hal ini sangat penting seiring dengan semakin banyak orang menggunakan gadget dalam melakukan aktivitas online.

Cara Mengganti Template Blog
Untuk mengganti template blog sobat, sebelumnya sobat perlu men-download template yang sobat inginkan terlebih dahulu. Ketik "download template blog seo friendly responsive gratis" atau kalimat lain sesuai kebutuhan sobat pada browser sobat.

Biasanya file download akan berupa file .zip atau langsung berupa file .xml. Jika masih berupa file .zip maka sobat perlu meng-unzip file tersebut terlebih dahulu. Jika sudah siap, bisa ikuti langkah-langkah berikut untuk mengganti template blog sobat :

1. Login ke dashboard blog sobat
2. Pilih "Template"
3. Klik "Backup/ Restore"

Cara Mengganti Template Blog

4. Klik "Browse" untuk memilih template yang akan sobat gunakan
5. Klik "Upload"

Cara Mengganti Template Blog

Cara Membuat Blog Artikel di Blogger
Setelah berhasil membuat blog, selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah membuat artikel untuk diposting di blog sobat. Artikel merupakan hal terpenting dalam membuat blog, karena dengan artikel pengunjung sobat mendapatkan informasi yang layak untuk mereka dapatkan.

Berikut ini cara membuat artikel blog di blogger :

1.  Masuk ke dashboard blog sobat
2.  Klik “New Post”
3.  Masukkan judul artikel sobat
4.  Tulis artikel yang sobat inginkan di artikel area.
5.  Jika sudah selesai, klik “Posting” untuk menerbitkan artikel sobat

Perhatikan gambar dibawah ini untuk mengetahui lebih lengkap dalam merancang artikel yang akan sobat terbitkan.

Cara Membuat Blog Artikel di Blogger

Sampai ditahap ini sobat sudah tahu cara membuat blog gratis di blogger dan cara membuat artikel blog di blogger. Sobat tinggal menambahkan artikel-artikel lain untuk terus diterbitkan agar pengunjung blog sobat nanti mendapatkan banyak informasi yang sobat bagikan diblog sobat.

Tips untuk memaksimalkan performa blog :
1. Jangan terlalu banyak menggunakan widget yang tidak penting yang bisa membuat loading blog menjadi berat.
2. Jangan menggunakan widget yang mengganggu pengunjung saat membaca artikel (menutupi artikel).

Dengan cara membuat blog gratis di blogger diatas yang baru saja sobat pelajari, sobat bisa membuat blog lain dengan cara yang sama. Untuk satu akun, sobat bisa membuat blog sampai sepuluh buah. Demikian artikel cara membuat blog gratis di blogger, semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara membuat blog di wordpress

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.