Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi

Unknown
Cara mendapatkan backlink berkualitas - Backlink merupakan hal yang paling dicari oleh para blogger untuk meningkatkan kualitas blognya. Semakin banyak backlink yang didapat semakin bagus sebuah blog dimata search engine, itulah alasan mengapa backlink menjadi sebuah faktor yang sangat penting untuk sebuah blog. Tak jarang, demi mendapatkan backlink banyak blogger yang melakukan cara yang kurang baik (black hat seo). Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas?

apa itu backlink berkualitas dan cara mendapatkan backlink berkualitasSaya akan coba sharing tentang cara mendapatkan backlink berkualitas, dari beberapa hal yang saya perhatikan. Backlink selalu erat hubungannya dengan blogwalking, untuk itu cara mendapatkan backlink berkualitas ini sangat cocok untuk dilakukan ketika melakukan teknik blogwalking. Sebelumnya, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu pengertian backlink berkualitas?

Apa itu Backlink Berkualitas

Backlink berkualitas merupakan sebuah hyperlink yang berasal dari sebuah situs/ blog dengan kriteria tertentu yang menuju ke blog sobat.

Cara mendapatkan backlink berkualitas ini saya terapkan dengan menggunakan browser Mozilla Firefox, saya belum pernah mempraktekkan  menggunakan browser lain.

Yang pertama, pasang add-ons “nodofollow” pada browser Mozilla Firefox anda. Bila anda belum tahu caranya baca cara mengetahui link blog dofollow. Setelah mengaktifkan add-ons nodofollow ini, akan terlihat perbedaan antara link yang nofollow dan link yang dofollow. Link yang nofollow akan di block dengan background warna merah, sedangkan link yang dofollow akan di block dengan background warna biru.

Dengan indikator ini, tentunya anda akan dengan mudah membedakan link nofollow dan link dofollow yang selanjutnya bisa anda teruskan dengan memilah blog untuk  teknik blogwalking. Tapi jangan lakukan dulu, simpan dulu sampai disini.

Yang kedua, pasang juga add-ons “seoquake” pada Mozilla Firefox anda. Fungsi add-ons seoquake ini sangat bermanfaat, karena anda bisa mengetahui semua informasi tentang sebuah blog mulai dari google pagerank, berapa banyak dari semua artikel yang telah diindex oleh google, yahoo/ bing, peringkat alexarank, sitemap sampai harga dari sebuah blog. Jadi, kalau ada blog yang menggunakan widget google pagerank dan alexarank otomatis pasti akan ketahuan nilai asli google pagerank dan alexarank-nya alias tidak akan bisa tertipu.

Dengan kombinasi kedua add-ons ini, tentunya anda akan mendapatkan informasi yang sangat dahsyat dan akurat. Untuk melakukan teknik blogwalking anda ketik keyword apa yang akan anda cari dihalaman google, kemudian anda tinggal memilih blog dengan kriteria seperti berikut :

1.  Google pagerank, akan menampilkan google pagerank dari url artikel sebuah blog bukan dari halaman utama sebuah blog. Tentu ini akan lebih bagus, karena anda akan berkomentar di sebuah artikel yang ber-pagerank.

2.  Dofollow blog, selain dari artikel yang ber-pagerank anda juga bisa mengetahui bahwa blog yang akan anda komentari adalah blog yang dofollow. Tentu ini merupakan sebuah nilai plus untuk komentar anda nantinya.

Tapi sekarang pada saat Google pagerank sudah tidak lagi diupdate, cara untuk mendapatkan backlink berkualitas telah mengalami perubahan. Sebagai pengganti Google pagerank, digunakanlah Domain Authority dan Page Authority, faktor relevansi dan blog dengan sifat dofollow yang masih tetap menjadi tolak ukur. Sehingga kriteria blog yang dapat digunakan untuk berburu backlink berkualitas menjadi :

1. Relevansi Artikel

Keterkaitan antar artikel ternyata memberikan nilai lebih dalam sebuah backlink dimata Google, tanpa mengabaikan peran faktor-faktor yang lain.

Praktis hanya indikator ini yang cukup signifikan peranannya setelah Google memutuskan untuk tidak melakukan update secara publik pada status Pagerank sebuah halaman situs/ blog.

2. DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) yang Tinggi

Semakin tinggi nilai Domain Authority dan Page Authority sebuah situs/ blog maka akan menempati posisi peringkat tinggi juga dimata mesin pencari. Dari tingkat kepercayaan mesin pencari yang tinggi tersebut, situs/ blog kita juga akan dianggap memiliki Domain Authority atau Page Authority yang tinggi ketika situs/ blog sobat mendapatkan backlink dari situs/ blog semacam ini.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Ada beberapa cara yang bisa sobat gunakan untuk mendapatkan backlink berkualitas bagi situs/ blog sobat, berikut ini beberapa diantaranya :

1. Buat Konten Berkualitas

Seperti yang selalu digembar-gemborkan bahwa konten itu raja, memang benar adanya. Dengan konten yang berkualitas, maka kemungkinan konten sobat dijadikan rujukan oleh blogger lain semakin besar. Menjadi konten rujukan, otomatis disana ada backlink yang menuju ke konten tersebut bukan?

Dan kelebihannya, backlink tersebut natural. Sebuah keuntungan yang luar biasa kan? Hanya dengan membuat konten yang berkualitas, sobat bisa mendapatkan banyak keuntungan untuk situs/ blog sobat sendiri.

2. Profile Link Building

Siapa yang tidak memiliki akun sosial media sekarang, tentunya sobat juga punya kan? Dan ini bisa sobat manfaatkan untuk mendapatkan backlink dari sana. Letakkan alamat situs/ blog sobat diprofil akun sosial media tersebut, dan sobat sudah berhasil mendapatkan backlink dari sana.

3. Ajukan Penawaran Kerjasama

Mengajukan penawaran kerjasama dengan pemilik situs/ blog yang niche-nya sejenis dengan yang sobat punya, mintalah kepada mereka untuk bisa menempatkan link disalah satu artikel mereka. Memang kedengarannya seperti tidak mudah untuk melakukan ini, tapi yang pasti teknik ini bisa berhasil jika cara yang digunakan tepat.

Jalin hubungan dijejaring sosial dengan mereka, berikan komentar bermutu pada setiap postingannya, bantu mereka menjawab jika ada pertanyaan dari blogger lain, bantu mereka membagi konten mereka di akun jejaring sosial sobat. Perlahan, perkenalkan konten sobat kepada mereka.

Dengan cara pendekatan seperti ini biasanya akan berhasil karena kedua belah pihak merasa diuntungkan semua. Satu yang pasti, sobat perlu memberikan sesuatu terlebih dahulu kepada mereka sebelum menerima hasilnya.

4. Broken Link Building

Setiap situs/ blog kadang terlewat oleh pemiliknya untuk melakukan cek terhadap broken link, dari broken link yang dimiliki situs/ blog lain inilah peluang sobat untuk mendapatkan backlink.

Caranya?

Carilah situs/ blog yang satu niche dan memiliki broken link pada halamannya, kemudian sobat lihat tentang apa materi yang link nya rusak tersebut, buatlah artikel mengenai hal tersebut (dengan kualitas dan manfaat yang cukup baik tentu saja ya..), selanjutnya hubungi pemilik blog dan berikan tawaran untuk mengganti broken link tersebut dengan artikel milik sobat yang tidak kalah manfaatnya.

Peluang keberhasilan teknik ini dipercaya lebih baik daripada teknik diatas.

5. Resource Link Building

Ketika ada artikel yang membahas mengenai sebuah topik tertentu seperti :

"10 food blog di Indonesia", "10 fashion blog terbaik di Indonesia", dan semacamnya.

Artikel seperti ini pastilah sudah mempunyai outbond link menuju 10 blog tersebut bukan? Menambahkan 1 link lagi yang menuju ke blog sobat pastilah tidak masalah untuk mereka.

Biasanya mereka justru senang karena menambah koleksi mereka, dan sobat mendapatkan backlink dari hal ini. Saling menguntungkan bukan?

Segera hubungi mereka, informasikan bahwa sobat punya blog sejenis dan mintalah kepada mereka untuk melakukan cek pada situs/ blog sobat, bila perlu berikan sedikit penjelasan agar memudahkan mereka dalam melakukan review situs/ blog sobat.

Demikian cara mendapatkan backlink berkualitas yang saya sharing kali ini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.