Cara Membuat Blog di Wordpress

Admin
Dalam membuat blog dengan platform wordpress ada dua cara membuat blog di wordpress yang bisa sobat gunakan. Yang pertama, membuat blog di wordpress dengan self hosting dan yang kedua membuat blog dengan hosted. Artinya, membuat blog di wordpress dengan hosting sendiri dan hosting dari wordpress.

Perbedaan Membuat Blog di Wordpress Self-Hosting dan Hosted

Apa perbedaan membuat blog di wordpress dengan hosting sendiri dan membuat blog di wordpress dengan hosting dari wordpress? Bila membuat blog dengan hosting dari wordpress artinya sama dengan sobat membuat blog di blogger, alamat yang akan dihasilkan menjadi seperti ini :

namablogsobat.wordpress.com

Sedangkan jika sobat membuat blog di wordpress dengan self-hosting artinya sobat harus membeli hosting sendiri terlebih dahulu sebelum membuat blog. Setelah itu, baru sobat membuat blog dengan meng-upload apa saja yang dibutuhkan dalam membuat blog sobat di hosting tersebut.

Lalu mana yang lebih bagus? Jika ada pertanyaan demikian, sebenarnya tidak ada jawaban pasti mana yang lebih bagus dari yang lain. Namun, jika sobat memiliki dana untuk membuat blog akan lebih baik membuat blog di wordpress dengan self-hosting. Mengapa? Karena hosting, template dan keseluruhan yang ada di blog sudah menjadi milik sobat. Para blogger professional juga banyak yang memilih membuat blog di wordpress sefl-hosting ini. Sampai disini semoga sobat sudah mengerti perbedaan membuat blog di wordpress hosted dan membuat blog di wordpress self-hosting.

Cara Membuat Blog di Wordpress

Namun pada kesempatan ini, yang akan dibahas hanya cara membuat blog di wordpress hosted. Sama halnya dengan membuat blog di blogger, yang dibutuhkan dalam membuat blog di wordpress pada awalnya adalah email, baca cara membuat email dahulu. Dan berikut ini cara membuat blog di wordpress hosted :

1.  Buka laman wordpress.com
2.  Masukkan alamat blog sobat
3.  Klik “Buat Situs Web”
4.  Masukkan email, nama dan kata sandi sobat
5.  Scroll ke bawah dan pilih kolom wordpress pemula lalu klik “Buat Blog”

Cara Membuat Blog di Wordpress

Sampai disini sobat telah berhasil membuat blog di wordpress, selamat. Selanjutnya, cara membuat blog artikel di blog wordpress ini.

Cara Membuat Artikel Blog di Wordpress

Cara membuat blog artikel di wordpress sedikit berbeda dengan cara membuat artikel blog di blogger, namun pada dasarnya sama. Sobat hanya perlu membiasakan diri dengan tata letak tools yang mendukung untuk membuat artikel tersebut.

Berikut ini cara membuat  artikel blog di wordpress :

1.  Menuju ke halaman dashboard
2.  Pilih menu “Pos” di samping kiri
3.  Masukkan judul pada kolomnya
4.  Buat artikel sobat dikolom artikel
5.  Tambahkan kategori jika diperlukan
6.  Tambahkan tag artikel bila masih perlu
7.  Klik “Terbitkan” bila semuanya telah siap

Sobat bisa perhatikan pada gambar cara membuat artikel blog berikut ini untuk lebih jelasnya.

Cara Membuat Blog di Wordpress

Dan cara membuat artikel blog pun telah selesai. Yang perlu sobat lakukan adalah menambah artikel sebanyak-banyaknya untuk membuat blog sobat mampu bersaing di pencarian google. Biasakan dengan tool-tool yang ada sehingga sobat bisa lebih mempercantik artikel sobat dengan menambahkan gambar dan video jika diperlukan.

Termasuk juga untuk mengganti template, membuat halaman dan pengaturan-pengaturan lainnya yang sobat anggap perlu untuk blog sobat. Saran saja, sebaiknya tidak banyak memasang widget yang tidak terlalu penting untuk blog sobat, karena akan menyebabkan loading blog menjadi berat nantinya.

Demikian cara membuat blog di wordpress, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.