Cara Menyeting Robots Header di Blogger

Admin
Cara menyeting robot header di blogger - Awal kemunculan robot header merupakan sebuah solusi dari permasalahan duplikat konten, sebenarnya fasilitas ini sudah tersedia di blogger tapi jarang ada yang menggunakannya karena memang tidak tahu kegunaannya. Setelah duplikat konten menjadi sebuah masalah serius untuk SEO blog, muncul lah beberapa solusi termasuk robot header ini. Mengapa termasuk? Karena solusinya tidak hanya oleh robot header saja, tapi masih ada solusi yang lain.

Biasanya setting robot header dikupas langsung bersama setting robot.txt, tapi demi membantu belajar SEO untuk pemula, kali ini akan dibahas terpisah dengan harapan bisa lebih detail (semoga). Duplikat konten tidak saja terjadi karena setting robot header yang belum dilakukan, tetapi juga bisa dari tampilan mobile dari blog. Nah, bila blog sobat mengalami masalah dengan duplikat konten, sebaiknya analisa dulu akar masalahnya baru kemudian melakukan tindakan sebagai solusi yang mungkin bisa membantu.

Maksud atau Tujuan Setting Custom Robots Header Tags

Apa maksud atau tujuan yang akan dicapai dengan setting custom robots header tags ini? Tujuannya adalah untuk memberikan perintah kepada robot search engine untuk memisahkan mana yang harus di-crawl/ dirayapi dan mana yang tidak dari sebuah blog. Dengan cara ini maka perayapan blog oleh robot search engine menjadi lebih teratur, terlebih lagi cara ini menjadi solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan duplicate content. Solusi yang sangat mudah atas masalah duplicate content bukan?

Lalu bagaimana cara menyeting robots header di blogger yang benar? Berikut penjelasannya :

1.    Login ke Blogger
2.    Pilih menu Setting >> Search Preference


3.    Pada menu Crawlers and indexing > Custom robots header tags >> Edit


4.    Lakukan setting seperti gambar dibawah ini :


5.    Klik Save Setting

Selesai sudah setting robot header di blogger sobat, melakukan setting ini membuat blog sobat menjadi satu langkah kedepan dari sisi SEO friendly.

Demikian cara menyeting robots header di blogger, dengan setting ini diharapkan blog sobat bisa lebih seo friendly. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.