Cara Tepat Memilih Template Blogger

Unknown
Cara Memilih Template Blogger yang Tepat - Template untuk blog saat ini sudah banyak pilihannya, karena juga semakin banyak web penyedia template blogger gratis dengan fitur-fitur yang lengkap. Ini merupakan sebuah kemajuan, karena banyak orang yang semakin tertarik dan menguasai pembuatan template blogger baik itu yang membuat baru maupun yang mengedit dari template yang sudah ada.

Meskipun banyak pilihan yang tersedia, sebaiknya sobat perlu memiliki pertimbangan terkait pemilihan template blogger yang akan sobat gunakan. Dan kriteria yang bagus sebaiknya mengikuti beberapa hal yang dianjurkan oleh Google selaku search engine terbesar yang menjadi rujukan search engine yang lain.

cara memilih template blog yang tepat

Apa saja kriteria tersebut? Mari kita bahas bersama.


Kecepatan Loading Blog

Kriteria yang pertama, sobat cari template blogger fast loading yaitu template yang memiliki kecepatan loading-nya tinggi.

Mengapa?

Mari kita tanya kepada diri kita masing-masing, jika sobat sedang mengakses web/ blog namun tidak kunjung tampil dengan lengkap hanya loading muter-muter saja, apakah sobat masih sabar untuk mengakses-nya? Padahal sudah ditinggal ke toilet, bikin kopi, ambil cemilan.

Sepenting apapun informasi yang disajikan, pastinya sobat akan menutup web/ blog tersebut bukan? Dan mulai lagi mencari informasi yang sama dari blog yang lain, betul? Pasti juga pernah mengalami hal serupa kan?

Untuk itulah pertimbangan kecepatan loading blog menjadi faktor utama agar pengunjung tidak kabur begitu saja. Jika pengunjung saja kabur apalagi Google..?


Template Blogger SEO Friendly

Kriteria kedua, cobalah sobat memilih template blogger SEO friendly. Alasannya, tentu saja supaya blog sobat nantinya jadi lebih akrab dengan mesin pencari. Google juga telah memberikan sarannya untuk hal ini.


Struktur Data tanpa Error

Kriteria ketiga, memperbaiki struktur data pada template blogger sobat. Tujuannya agar memudahkan robot crawler dalam merayapi setiap bagian dari blog sobat yang nantinya ber-efek pada kecepatan peng-index-an blog sobat pada mesin pencari.


Template Blogger Responsive

Kriteria keempat, template blogger responsive. Semakin mobile kegiatan seseorang dan semakin mudah memperoleh gadget pendukung, maka orang akan lebih banyak mengakses sebuah informasi dari gadget yang mereka miliki, entah itu smartphone, tablet maupun laptop.

Pemilihan template blogger yang responsive bertujuan untuk menjadikan blog sobat lebih flexibel diakses dari perangkat apapun tanpa mengurangi sedikitpun fungsi yang ada dalam blog sobat. Inilah maksud dari pemilihan template blog yang responsive.


Kualitas dan Original Konten

Kriteria kelima atau terakhir yaitu konten blog yang berkualitas dan original. Sebenarnya untuk kriteria yang ini tidak bersentuhan secara langsung dengan cara memilih template blogger yang tepat, namun sebaik dan sebagus apapun template blogger yang dipakai konten ikut berpengaruh terhadap performa blog nantinya. Berkualitas karena informasi yang disajikan memang banyak dibutuhkan oleh pengguna internet, sedangkan original artinya sobat membuat konten blog sendiri tidak meng-copy-paste artikel dari blog lain.

Jika tema blog sama, itu bukan suatu masalah, yang terpenting artikel yang sobat buat adalah hasil rangkaian kata dari pemikiran sobat sendiri. Bukan menjiplak isi dari artikel orang lain. Google sangat memperhatikan sekali akan hal ini, dan tidak segan-segan untuk mengeluarkan jurus-jurus nya jika ada yang berani melakukan plagiat dan menendangnya tanpa ampun.

Terkait dengan kecepatan loading, dalam membuat artikel jika perlu menggunakan gambar, ambil gambar yang mempunyai ukuran kecil, jika tidak ada maka sobat perlu meng-kompres file gambar menjadi ukuran lebih kecil agar ringan ketika blog melakukan loading. Selanjutnya gunakan gambar yang mendapatkan persetujuan untuk digunakan kembali sehingga blog sobat juga tidak dianggap plagiat dari segi gambar.

Sebagai tambahan dari saya,


Pemilihan Warna Template Blogger

Pemilihan warna ini terkait dengan kenyamanan pengunjung yang membaca blog, dengan warna yang kalem dan lembut tentunya membuat mata tidak cepat lelah untuk membaca konten yang sobat sajikan dalam blognya. Dari beberapa pendapat (sebagian diantaranya dengan melakukan eksperimen), bahwa blog dengan warna biru lebih bagus jika dibandingkan dengan warna yang lain. Tapi yang lebih penting lagi adalah penggunaan warna putih sebagai warna dasar dari blog.

Bila pemilihan warna blog tepat maka efeknya, pengunjung menjadi betah berlama-lama diblog sobat yang membuat bounce rate blog jadi meningkat.

Demikian beberapa kriteria yang perlu sobat pertimbangkan dalam cara memilih template blogger yang tepat yang akan digunakan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.