Permalink/Url Blogspot : Membuat jadi SEO Friendly

Unknown
Sebagai salah satu cara membuat blog seo friendly dengan menggunakan teknik optimasi seo onpage adalah permalink blogspot seo yang perlu diperhatikan. Sebelumnya, bagi sobat yang belum tahu apa itu permalink, berikut sedikit penjelasannya.


permalink blogspot seo friendly

Permalink adalah link yang berisi rangkaian kode yang terstruktur yang merupakan alamat url sebuah halaman web/ blog.

misal :  http://belajarseop.blogspot.com/2015/04/cara-belajar-seo-untuk-pemula.html

Dari sedikit pengertian dan contoh diatas, semoga sobat mengerti apa yang saya maksud ya..

Akan tetapi, ternyata ada dua persepsi mengenai permalink ini. Pendapat pertama menyatakan bahwa contoh seperti diatas merupakan permalink, sementara pendapat kedua menyatakan permalink adalah penjelasan singkat/ deskripsi yang terletak dibawah setiap posting dengan beberapa kalimat yang otomatis mengandung link menuju sebuah halaman web/ blog itu sendiri.

Untuk pendapat yang pertama, rasanya semua blogger sudah sangat familiar dengan hal ini. Namun untuk pendapat yang kedua sepertinya belum banyak yang mendukung pendapat ini. Meskipun begitu, pendapat kedua ini tidak bisa diremehkan juga, mengapa? Sepertinya statistik blog, menunjukkan hasil yang cukup lumayan. Jadi tidak ada salahnya jika kita bahas saja keduanya sekaligus, setuju? Oke mari kita mulai saja ya sobat..

Permalink Blogspot SEO 1

Untuk pendapat yang sudah umum dilakukan yaitu setting permalink blogspot seo friendly bisa dilakukan dari posting area. Caranya pasti sudah banyak yang tahu juga kan? Tapi tidak ada salahnya saya refresh kembali dengan gambar berikut :

permalink blogspot seo friendly

Letak untuk setting permalink di sebelah kanan area posting, tepatnya di bawah post settings. Kemudian sobat pilih "custom permalink" untuk melakukan setting manual permalink yang sobat inginkan.

permalink blogspot seo friendly


Lakukan setting custom permalink dengan tips berikut :
Gunakan keyword yang sobat incar pada custom permalink, cukup 2-3 kata, agar tidak terpotong (lihat gambar pertama) dan lebih seo dengan keyword yang dimaksud. Meskipun tidak sesuai dengan judul artikel yang bisa lebih panjang, itu tidak terlalu menjadi masalah.

Setelah selesai, klik done.

Terkadang kita lupa melakukan setting custom permalink karena terburu-buru, lalu ingin mengganti agar setting permalink sobat lebih baik tapi apa masih bisa? Trus caranya bagaimana? Tenang, sobat masih bisa melakukan setting permalink menjadi seo.

Cara Setting Permalink Walaupun Artikel Sudah di Publish


permalink blogspot seo friendly

Lakukan peng-editan pada artikel yang akan diperbaiki setting custom permalink-nya, kemudian pada posting area klik "revert to draft". Langkah selanjutnya, dobel klik pada area permalink dan lakukan setting seperti gambar ke-2 diatas dengan permalink yang sobat kehendaki. Selanjutnya, kembali publish artikel sobat tersebut.

Baca : Langkah-langkah merubah url blogspot lebih jelas

Apakah sudah selesai? Belum..!!

Cek lagi, apakah ada link yang menuju ke artikel tersebut? Jika ada maka segera perbaiki, karena alamat url artikel tersebut sudah berubah sehingga sudah pasti link tidak akan berfungsi dengan baik/ broken link, ini bisa menyebabkan menurunnya nilai seo blog sobat.

Permalink Blogspot SEO 2

Sementara untuk pendapat kedua, permalink diartikan dengan ulasan singkat yang biasanya terletak dibawah posting seperti gambar berikut :

permalink blogspot seo friendly

Mudah-mudahan dengan gambar diatas sobat mengerti dengan maksudnya ya.. Nah, untuk membuat permalink/ url blogspot seo friendly yang ini silahkan sobat cari di internet, sudah banyak yang membahasnya.

Demikian cara optimasi permalink/ url blogspot seo friendly, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.