Blogspot.com Berubah Jadi Blogspot.co.id

Unknown
Baru sore ini saya kaget ketika online dan mengakses blogoonline, kok peringkat alexa-nya turun jadi 4 jutaan, dan yang lebih parah sama dengan beberapa blog coba-coba saya yang masih baru. Setelah saya cek, ternyata alamat url-nya berubah, dari yang semula blogoonline.blogspot.com kini menjadi blogoonline.blogspot.co.id.

perubahan blogsot.com jadi blogspot.co.id
 
Ada apa ini?

Apa yang sedang terjadi?

Saya coba cek langsung di situs alexa, ternyata benar data-data sebelumnya hilang semua dan berganti menjadi data blog baru alias masih pada kosong semua.

Tidak berhenti disitu, saya coba cek beberapa blog dengan alamat yang sama, maksudnya masih nge-sub di blogspot tapi mempunyai peringkat lebih tinggi dari blogoonline, dan ternyata hasilnya sama. Semua alexa rank berada di angka 4 jutaan dengan angka yang sama (4.678.434).

Perubahan yang sangat mengejutkan dari blogspot dengan memberikan alamat url baru, mungkin kah ini menjadi sebuah perubahan yang bagus? Tetapi sepertinya dengan perubahan ini tidak terlalu berpengaruh terhadap kunjungan apabila pengunjung telah hafal dan biasa berkunjung ke blog kita, hanya saja akan sedikit membutuhkan waktu untuk menampilkan kembali data-data statistik blog seperti sedia kala.

Yang menjadi masalah dan banyak pertanyaan adalah bagaimana dengan backlink yang telah tertanam di url blogspot.com, apakah juga ikut berpindah dengan adanya perubahan ini? Mari kita tunggu bersama informasi berikutnya yang akan dikeluarkan oleh pihak blogspot.

Akan tetapi, apabila sobat tidak berkenan dengan perubahan yang dilakukan oleh blogspot dan masih tetap ingin menggunakan url blogspot.com, ada solusi yang bisa mengatasi masalah ini. Bagaimana caranya?

Sederhana, hanya dengan menambahkan sedikit script pada template blog sobat. Langsung saja berikut caranya :
  1. Masuk ke dashboard blogger
  2. Edit HTML
  3. Cari kode <head> dan masukkan script berikut tepat dibawah kode <head>
    <script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>
  4. Simpan
Apabila langkah-langkah yang sobat lakukan sudah sesuai, maka seharusnya akan berhasil.

Demikian informasi mengenai blogspot.com berubah jadi blogspot.co.id serta cara mengatasinya untuk tetap menggunakan blogspot.com, semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Terimakasih, Infonya sangat bermanfaat untuk saya yang masih belajar.

    BalasHapus
  2. Kalo selain masukin code itu ada lagi ga bang...
    Http://kodepena22.blogspot.co.id mohon dipantau dan di nasehati bang

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.