Cara Menghasilkan Uang dari Blog dengan Iklan Mandiri

Unknown
Cara menghasilkan uang dari blog dengan iklan mandiri - Banyak cara menghasilkan uang dari blog, salah satunya yaitu dengan membuka lapak iklan mandiri. Bagi sobat pemula yang belum mengerti maksud dari lapak iklan mandiri, ikuti saja dulu artikel ini ya..

Apa itu Iklan Mandiri


Iklan mandiri yaitu ruang iklan yang disediakan khusus oleh pemilik situs/ blog tanpa melalui perantara pihak lain. Sehingga pihak pengiklan bisa langsung menghubungi pemilik blog untuk pemasangan iklan.

Iklan mandiri dinilai lebih leluasa ketimbang program periklanan dari pihak lain, seperti PPC. Sebenarnya, siapapun pemilik blog, bisa membuka lapak iklan mandiri akan tetapi tidak setiap blog bisa menarik minat pengiklan untuk memasang iklan di blog tersebut. Blog perlu penanganan, perhatian dan kriteria tertentu sebelum bisa memenuhi syarat untuk bisa membuka lapak iklan mandiri. Apa saja itu?

Syarat Blog Membuka Lapak Iklan Mandiri

Untuk bisa membuka lapak iklan mandiri, biasanya blog harus memenuhi kriteria berikut :

1. Traffic Blog yang Tinggi
Traffic blog menjadi syarat utama untuk bisa membuka lapak iklan mandiri, tentu saja hal ini masuk akal. Jika traffic blog rendah, mana ada pengiklan yang bersedia untuk memasang iklan, betul?

Dari banyak sumber mengatakan bahwa untuk bisa menarik pengiklan, traffic blog minimal per hari dikunjungi oleh 1.000 visitor. Semakin banyak jumlah pengunjung per harinya, tentunya akan semakin bagus untuk menarik pengiklan, bahkan bisa jadi harga iklan juga makin tinggi.

2. Memberikan Informasi Statistik Blog
Syarat kedua, informasikan statistik blog terkait pengunjung seperti nomor diatas agar pengiklan lebih percaya sekaligus membuktikan bahwa blog sobat memang benar-benar banyak pengunjungnya. Tampilkan di halaman penawaran blog sobat agar bisa terlihat dengan jelas oleh calon pengiklan.

3. Peringkat Blog
Peringkat blog yang biasanya dijadikan patokan oleh pengiklan adalah alexa rank, semakin ramping peringkat alexa blog sobat maka akan semakin besar kemungkinan menarik minat pengiklan. Lalu berapa peringkat alexa yang bisa membantu menambah daya jual blog? Biasanya peringkat alexa yang dijadikan patokan dibawah 100 ribu, bahkan ada informasi jika peringkat alexa 50 ribu saja sudah bisa membuka lapak iklan mandiri seharga 1,5 juta per bulan.

4. Jumlah Post (Kondisional)
Syarat ini hanya kondisional saja, karena tidak secara umum digunakan sebagai patokan dalam membuka lapak iklan mandiri. Biasanya syarat ini diminta oleh pengiklan tertentu saja.

Apabila blog sobat telah memenuhi kriteria syarat-syarat membuka lapak iklan mandiri, yang menjadi pertanyaan selanjutnya yaitu berapa harga iklan yang akan ditawarkan? Adakah standar harga iklan mandiri?

Cara Menentukan Harga Iklan Mandiri


Untuk menentukan harga iklan mandiri, sobat bisa menggunakan dua cara seperti yang dijelaskan oleh blogodolar yaitu :

1. Berbasis CPM
Maksudnya, pengiklan dikenakan biaya per 1000 page view seperti kepanjangan CPM yaitu Cost per Mille (mille dalam bahasa latin berarti seribu).

Biasanya cara ini digunakan oleh blogger luar negeri, karena pengiklan luar negeri sanggup membayar mahal untuk blog dengan traffic tinggi.

2. Harga Tetap
Harga lapak iklan mandiri menggunakan harga tetap, bergantung dari page view dan ukuran iklan. Biasanya di Indonesia menggunakan cara ini dalam menentukan harga lapak iklan mandiri.

Sementara untuk standar iklan mandiri sepertinya sampai sekarang belum ada standarisasinya, persaingan ditentukan oleh masing-masing pemilik blog. Siapa yang memasang harga mahal, siapa yang memasang harga murah semua tergantung pemilik blog. Akhirnya yang terjadi seperti persaingan harga, menurut saya sudah saatnya blogger Indonesia menetapkan standarisasi harga iklan mandiri untuk keseragaman, supaya tidak ada persaingan harga.

Tetapi ada blogger yang telah melakukan riset tentang harga lapak iklan mandiri (danforblogg.blogspot.co.id) yang mungkin bisa digunakan sebagai acuan standar harga meskipun belum ada standarisasi resmi harga lapak iklan mandiri.

cara menghasilkan uang dari blog dengan iklan mandiri

Sayang, informasi harga lapak iklan mandiri tersebut kurang lengkap. Apakah harga tersebut untuk domain dengan TLD atau blog gratis juga bisa menggunakan daftar harga tersebut?

Demikian informasi mengenai cara menghasilkan uang dari blog dengan iklan mandiri, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.