Pengertian Kontes SEO dan Efeknya bagi Blog

Admin
Pengertian Kontes SEO
Apa itu kontes SEO?
Bagi pemula, pertanyaan semacam itu pasti pernah muncul termasuk saya sendiri juga pernah bertanya seperti itu. Lalu apa sih sebenarnya kontes SEO itu? Kontes SEO adalah sebuah sayembara yang diadakan oleh sebuah perusahaan/ perseorangan yang memiliki website/ blog agar bisa mendapatkan peringkat tinggi pada hasil pencarian mesin pencari.

Bagaimana sih cara ikut kontes SEO?
Biasanya persyaratannya cukup mudah, kita hanya diwajibkan untuk menempatkan banner pada blog kita lalu menulis artikel review tentang kontes yang sedang kita ikuti.

Keuntungan ikut kontes SEO?
Ada beberapa keuntungan yang bisa teman-teman peroleh ketika mengikuti sebuah kontes SEO, antara lain :

1. Melatih/ Mengasah Kemampuan SEO
Ini yang pasti. Mengapa? Karena peserta dari kontes SEO tidak dipisahkan berdasarkan kemampuan. Jika kebetulan master SEO juga mengikuti kontes tersebut, maka bersiap saja dengan istilah "Cicak vs Buaya". Bukan berniat untuk merendahkan kemampuan teman-teman, tapi seperti itulah kenyataannya. Tapi hal tersebut jangan dijadikan sebagai beban, yang tetap harus diusahakan yaitu memaksimalkan kemampuan yang teman-teman miliki untuk bisa bersaing.

Lama kelamaan, pastinya kemampuan teman-teman akan semakin meningkat, karena akan terus belajar dan belajar untuk dapat memperoleh posisi yang bagus. Bayangkan jika teman-teman tidak pernah dihadapkan pada situasi "Cicak vs Buaya" dan dengan mudah bisa meraih peringkat bagus. Maka kemampuan teman-teman juga kurang maksimal bukan?

2. Reputasi Blog Meningkat
Sebagai pemenang sebuah kontes SEO, tentunya blog teman-teman bisa memperoleh pengakuan baik dari pihak penyelenggara maupun dari peserta kontes lain. Dengan reputasi blog yang telah teman-teman miliki, tentu saja blog menjadi semakin terkenal.

3. Hadiah Kontes
Keuntungan yang utama dan ditunggu-tunggu seluruh peserta kontes SEO tentunya adalah hadiah yang biasanya berupa fresh money alias uang. Tentu saja dengan imbalan yang setimpal, jerih payah dan usaha yang telah teman-teman lakukan selama kurang lebih 3 bulan terakhir terbayar lunas. Juga untuk ganti bayar koneksi internet dan kopi teman-teman ya..

Efek Kontes SEO bagi Blog
Jika ada keuntungan, maka kerugian juga pasti ada. Dalam hal ini, efek negatif yang akan diterima oleh blog yang digunakan untuk mengikuti kontes SEO. Lalu apa saja efek negatif tersebut? Berikut beberapa diantaranya :

1. Blog berubah menjadi SPAM
Kebanyakan blog yang mengikuti kontes SEO cenderung berubah fungsinya menjadi SPAM. Kok bisa? Alasannya karena ingin memperoleh peringkat bagus terlebih lagi bisa memenangkan kontes SEO, sebagian besar menggunakan optimasi yang berlebihan, malah terkadang juga menggunakan teknik Black Hat SEO.

Optimasi yang berlebihan inilah yang mengarahkan blog menjadi SPAM jika tidak segera menghentikan optimasi berlebihan tersebut.

2. Terkena Pinalti oleh Search Engine
Masih berhubungan dengan optimasi yang berlebihan seperti diatas, kemungkinan blog teman-teman bisa terkena pinalti dari amukan algoritma google. Selain optimasi yang berlebihan, kemungkinan terjadi optimasi keyword yang tidak nyata sangat besar.

Maksudnya?

Jika kontes SEO dengan sebuah kata kunci tertentu telah disepakati, ternyata layanan dari pengelola blog yang mengadakan kontes tidak sesuai dengan kenyataan, maka blog teman-teman juga bisa masuk kedalam kategori blog yang masuk pantauan google karena menipu kata kunci.

Contoh kasus, misal kata kunci yang ditembak "jasa seo murah" namun pada kenyataannya harga dari jasa seo tersebut tidak murah. Maka blog anda bisa mendapatkan hukuman dari google karena penipuan kata kunci tersebut.

Meskipun begitu, teman-teman tidak perlu khawatir. Teman-teman masih tetap bisa mengikuti kontes SEO dengan aman selama mengikuti beberapa tips dibawah.

Tips Aman Mengikuti Kontes SEO

1. Teliti Memilih Kontes SEO
Faktor ke-teliti-an dalam memilih kontes SEO yang akan teman-teman ikuti akan memberikan keamanan bagi teman-teman sendiri. Yang pertama, teliti pada kata kunci seperti yang telah dijelaskan diatas. Lalu yang kedua, teliti pada pihak penyelenggara. Yang sudah banyak terjadi, ternyata kontes SEO tersebut abal-abal alias tidak bertanggung jawab membayar peserta yang sudah ikut kontes. Padahal, semua peserta sudah meng-optimalisasi web pihak penyelenggara.

Akibatnya, teman-teman gigit jari dan cuma dapat capek saja kan..?

2. Gunakan Blog Baru
Jangan pernah menggunakan blog utama yang teman-teman punya untuk mengikuti kontes SEO, langkah ini dilakukan sebagai antisipasi jika blog teman-teman terkena amukan dari algoritma google. Terlebih jika sudah kena pinalti dari google sendiri, otomatis blog teman-teman tidak akan tampil pada hasil pencarian google alias menghilang.

Nah, kalau teman-teman menggunakan blog utama jadi berabe kan urusannya? Untuk itulah, jangan pernah menggunakan blog utama untuk mengikuti kontes SEO.

Demikian sedikit informasi yang bisa saya sharing terkait dengan kontes SEO dan efeknya bagi blog, bila ada kekurangan, mohon bantuan teman-teman untuk menambahkan dikotak komentar ya.. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.