Benarkah Tanggal Posting Berpengaruh Terhadap SEO?

Unknown
Mungkin sobat agak bingung dengan judul diatas ya..? Apa coba hubungannya tanggal posting yang biasanya terletak dibawah judul posting dengan SEO? Sangat tidak masuk akal jika dipikir bukan? Karena sama sekali tidak ada kaitannya?

pengaruh tanggal posting terhadap seo

Tapi ternyata..

Seorang pakar SEO, JUSTRU menyarankan untuk menghapus tanggal posting dan tanggal yang terdapat di komentar.

Apa dasarnya?

Mengherankan, ternyata tidak ada hubungannya sama sekali dengan SEO sama sekali..!!

Jika tidak ada hubungannya, kenapa disarankan?

Alasan utama dari dikemukakannya pendapat tersebut ialah karena posting yang menggunakan tanggal akan tampil di SERP beserta dengan tanggal tersebut. Hal ini akan berpengaruh terhadap informasi/ artikel yang dianggap tidak "up to date" lagi, terlebih jika informasi yang disajikan bersifat multi years atau masih tetap relevan meskipun telah bertahun-tahun.

Misalnya, informasi tentang cara membuat email. Apakah menurut sobat informasi ini akan berganti-ganti setiap bulan atau setiap tahun? Tidak kan? Mungkin hanya akan terjadi sedikit perubahan di tampilan saja.

Memang Google mengutamakan pengalaman dari user, dari beberapa informasi, user memang lebih memilih artikel tanpa tanggal ketika akan membaca sebuah artikel dari SERP. Jika dilihat dari sisi ini, memang berpengaruh terhadap SEO karena traffic akan lebih meningkat.

Namun sekali lagi, tidak secara langsung seperti halnya SEO Onpage dan link building..

Berdasarkan dengan pengalaman user, sepertinya alasan pakar SEO menjadi sangat masuk akal dan layak untuk dipraktekkan.

Alasan lain yang memperkuat user experiece diatas adalah menjadi berkurangnya tampilan jumlah karakter kata yang terindex Google di SERP.

Lalu, apa yang terjadi jika tetap mempertahankan tanggal posting?

Silahkan saja, itu sebuah pilihan. Tetapi sebaiknya tanggal posting digunakan untuk blog portal berita yang sangat membutuhkan aktualitas.

Jadi kesimpulannya apa nih?

Mengikuti user experience selalu lebih baik, mengapa? Karena sobat telah berada di jalur yang benar, artinya sobat telah mengikuti salah satu aturan (indikator) dari Google yang mana sangat dibutuhkan oleh blog untuk bisa bersaing di SERP. Jadi, tidak ada salahnya untuk menghilangkan tanggal dari posting blog sobat.

1 komentar:

  1. Caranya bagaimana ya gan menghilangkan tanggal pada postingan seperti di artikel ini?

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.