Apa itu Affiliate Marketing?

Unknown
Apa itu affiliate marketing? Mungkin itu sebuah pertanyaan bagi sobat yang baru mempelajari bisnis online. Lain lagi bagi sobat yang sudah lama berkecimpung dalam bisnis internet, pastinya bukan istilah yang asing ditelinga sobat. Affiliate marketing adalah sebuah sistem dalam jual beli produk yang memberikan kesempatan kepada pihak lain untuk mempromosikan. Pihak yang mempromosikan inilah yang disebut affiliate marketing.

Selain affiliate marketing, terdapat beberapa istilah lain yang hampir sama pengertiannya. Sebut saja seperti, reseller atau dropshipping. Memperhatikan istilah-istilah tersebut, saya mengambil kesimpulan maksud dari masing-masing istilah tersebut.

Reseller, jika diartikan secara kata yaitu penjual ulang, mungkin yang dimaksud disini adalah penjual retail yang mengambil produk dari penjual grosir atau agen. Reseller biasanya akan menjual ulang produknya sendiri beserta transaksinya kepada konsumen dilakukan sendiri. Sedangkan dropshipping, penjual yang mempromosikan produk namun untuk pengiriman dilakukan oleh si empunya produk, akan tetapi proses transaksi dilakukan oleh penjual, setelah itu dikirimkan kepada di empunya produk. Penjual mengambil selisih harga sedangkan si empunya produk akan memproses pengiriman langsung ditujukan kepada konsumen dengan alamat pengirim bisa diatasnamakan si penjual.

Sementara, apa itu affiliate marketing? Mungkin yang membedakan affiliate marketing dan kedua istilah diatas yaitu affiliate marketing hanya bertugas untuk mempromosikan produk saja, tidak berhubungan secara langsung dengan proses pembayaran dan proses pengiriman barang. Affiliate marketing tidak melakukan kedua proses itu sama sekali, semua proses tersebut dilakukan oleh pihak pengelola yang menjual barang dan membuka program affiliate. Affiliate marketing langsung mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk yang mereka promosikan, komisi akan bertambah di akun balance dan bisa diambil jika sudah mencapai nilai tertentu.

Silahkan sobat perhatikan dan amati gambar dibawah ini, mudah-mudahan sobat bisa lebih mengerti mengenai apa itu affiliate marketing?


apa itu affiliate marketing


Demikian penjelasan tentang apa itu affiliate marketing? Sebagai referensi, bisa sobat perhatikan diartikel Monetasi Blogspot dengan Amazon Affiliate. Jika penjelasan saya masih kurang tepat, bisa sobat tambahkan komentar dipostingan ini dengan bahasa yang sopan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat.

2 komentar:

  1. terkadang affiliate dan reseller hampir diartikan sama jika dilihat dari beberapa fungsi yang dilakukan keduanya, begitu juga dengan cara kerjanya hampir sama persis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, jadi kadang agak rancu dengan kedua istilah tersebut.. Terima kasih sudah mampir..

      Hapus

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.