Monetasi Blogspot dengan Amazon Affiliate

Unknown
Hampir satu tahun, tepatnya 8 bulan (saat artikel ini dimuat)  usia blog yang saya buat menggunakan platform blogspot, dan saya Monetasi Blogspot Dengan Amazon Affiliate, atau biasa di sebut blog produk review. Mungkin bagi blogger professional, hal ini bukan apa-apa, tapi untuk saya ini sebuah pengalaman baru mengelola blog seperti ini. Dengan eksperimen, saya tidak menggunakan self hosting, melainkan blog gratis dalam hal ini blogspot yang saya bikin custom domain.

Pertimbangan pertama saya menggunakan blog gratisan adalah kendala dana, saya lebih menitik beratkan ke konten, karena saya tidak pandai dalam hal membuat artikel berbahasa Inggris. Setelah mencari referensi untuk memesan artikel berbahasa Inggris, saya memberanikan diri untuk memesan artikel di iwriter. Berbekal akun paypal yang sudah terverifikasi beberapa tahun yang lalu, saya membeli saldo paypal untuk bisa memesan artikel di iwriter, 1 artikel dengan jumlah kata kurang lebih 400kata, harga yang harus dibayar 5,5 dollar dari penulis yang tingkatnya satu level lebih tinggi dari pemula.

Setelah melakukan riset kecil dan memilih produk yang akan saya jadikan produk review di proyek Monetasi Blogspot Dengan Amazon Affiliate ini, 10 artikel produk review pun saya order, sambil menunggu artikel dikerjakan saya mulai memilih template blogspot yang akan saya gunakan untuk blog produk review ini. Sedikit setting SEO dengan panduan dari blog-blog yang bertebaran yang membahas soal seo blogspot. Template sudah saya tentukan dan sedikit setting seo yang bisa saya lakukan dengan panduan dari blog lain, langkah berikutnya yang saya lakukan adalah berburu domain, memilih layanan domain yang pas dengan kantong saya sebagai pemula.

Setelah dapat domain, persiapan pun semakin lengkap. Template blogspot, sudah.. Nama domain, sudah.. Artikel pun dalam proses pengerjaan. Sengaja saya memesan artikel satu per satu, sambil menunggu lengkap, saya posting satu per satu pula. Tidak lupa, saya pun mendaftarkannya ke search engine agar bisa di index, google dan bing, juga saya inputkan ke web master tools. Setelah berjalan kurang lebih 1 bulan dan terindex oleh search engine, blog saya tidak tampil di google.com, ada apa ini..? setelah saya cek di web master tools, ternyata blog saya di anggap tidak memenuhi syarat dari segi artikelnya, akhirnya saya melakukan permintaan untuk peninjauan kembali agar blog saya bisa terindex kembali oleh google.

Beberapa hari kemudian, kembali saya cek web master tools blog tersebut, Alhamdulillah.. sudah bisa aktif lagi, saya cek juga di search engine dan benar sudah terindex lagi.. belum berhenti disitu, ternyata ada kompetitor dengan nama domain yang hampir sama, padahal ketika saya melakukan riset kecil, belum ada blog yang membahas topik yang saya pilih ini. Saya pikir ini sebuah peluang, ternyata setelah blog saya jadi, muncul kompetitor dengan nama domain hampir sama, tapi kemudian saya pikir rejeki pasti tidak kemana, untuk itu saya tetap lanjutkan saja. Bagaimanapun saya sudah sedikit mengeluarkan modal untuk artikel dan domain yang sudah saya order 1 tahun kedepan.

monetasi blogspot dengan amazon
2-3 bulan berlalu, posisi blog saya tidak menunjukkan posisi yang bagus. Berada di halaman 5 google.com, beberapa hari kemudian di halaman 3, sudah senang rasanya. Tapi tidak lama kembali merosot ke posisi 7, 8 bahkan 10 halaman google.com. Saya pun bingung dengan posisi ini, saya yang tidak terlalu pintar soal seo blog makin bingung dengan kondisi blog saya. Setelah mencari informasi, ternyata blog saya membutuhkan link building, sementara saya tidak tahu bagaimana cara melakukannya, dengan sedikit pertimbangan akhirnya saya putuskan untuk melakukan link building dengan meminta tolong dari jasa link building yang ada di fiverr, setelah 2-3 kali melakukan order link building, perlahan tapi pasti blog saya merangkak naik. Sekarang posisi blog berada di halaman 1 google dan berada di posisi ke-5. Senang rasanya Monetasi Blogspot Dengan Amazon Affiliate yang saya lakukan berada di halaman 1 google.

Sebelumnya tidak saya sadari, namun pada akhir bulan Januari 2014 kemarin ketika saya cek di akun amazon affiliate saya, ternyata blog saya sudah berhasil melakukan transaksi, meskipun hanya 2 kali transaksi menurut saya itu hasil yang tidak buruk bagi saya sebagai pemula dalam Monetasi Blogspot Dengan Amazon Affiliate. Yang menjadi perhatian saya, sampai saat ini pengunjung yang datang rata-rata per hari 10-15 visitor, jika konversi penjualan seperti ini sampai kapan modal yang sudah saya investasikan di blog ini akan kembali?

Membaca artikel dari kang Yudiono dari blogodolar, bahwa jika ingin menghasilkan dolar menggunakan blogspot memang bisa tapi jika ingin menghasilkan banyak dolar lebih baik menggunakan self hosting dengan platform wordpress. Sampai saat ini saya masih mempertimbangkan hal tersebut, saya juga sudah mencari informasi mengenai cara migrasi dari blogspot ke self hosting wordpress. Otomatis dari rencana migrasi ini akan menambah jumlah investasi saya untuk blog ini, namun saya rasa kedepannya juga akan lebih baik, semoga.. Baik dari sisi pengunjung yang akan makin banyak, juga dari sisi konvesi atas banyaknya pengunjung yang akan meningkatkan penjualan, begitulah harapan saya. Itulah pengalaman saya dalam Monetasi Blogspot Dengan Amazon Affiliate, bagaimana menurut anda tentang rencana saya yang akan melakukan migrasi dari blogspot ke self hosting wordpress ini..? Bila anda belum paham, mungkin anda perlu membaca artikel Apa itu Affilate Marketing?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.