Cara Blogwalking yang Efektif

Unknown
Dalam melakukan kegiatan blogwalking tentu akan muncul sebuah pertanyaan bagaimana cara blogwalking yang efektif? Blogwalking, sebuah kegiatan yang sangat disarankan kepada blogger dalam memaksimalkan teknik search engine optimation membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sehingga banyak blogger yang melakukan teknik blogwalking ini dengan berkomentar ala kadarnya saja, tidak memperhatikan kaidah-kaidah atau etika, sampai-sampai banyak pemilik blog yang memberikan peraturan-peraturan khusus di dekat kotak komentar mereka.

Lalu bagaimana cara blogwalking yang efektif bila harus menyisihkan waktu khusus untuk melakukan blogwalking? Berikut akan saya bagikan informasi mengenai cara blogwalking yang efektif.

1.  Gunakan Alat Bantu
Poin ini merupakan poin terpenting sebelum melakukan blogwalking, karena menurut saya dengan menggunakan alat bantu ini anda akan benar-benar mendapatkan blog yang mempunyai reputasi yang baik. Alat bantu apakah itu? Gunakanlah SEOquake yang merupakan addons dari mozila firefox.

Fungsi dari SEOquake akan memberikan informasi yang lebih banyak tentang blog yang akan anda kunjungi seperti Google Page Rank, Alexa Rank dan masih banyak lagi. Google Page Rank merupakan sebuah hal yang penting dalam mendukung kegiatan blogwalking anda, karena yang muncul bukan dari Google Page Rank blog melainkan Google Page Rank dari artikel tersebut. Sehingga lebih spesifik Google Page Rank yang ditampilkan, ini bisa menjadi sebuah nilai plus jika anda blogwalking ke artikel yang mempunyai Google Page Rank yang tinggi.

cara blogwalking yang efektif

Perhatikan gambar diatas, meskipun tidak berada dihalaman pertama google namun artikel blog tersebut mempunyai Google Page Rank yang tinggi. Saya pribadi lebih senang jika berkomentar di artikel blog seperti ini, tanpa merendahkan atau mengesampingkan artikel yang belum ber-pagerank. Biar bagaimanapun juga, kita tidak pernah tahu meskipun artike dimana kita berkomentar saat ini masih N/A namun kedepan bisa juga mendapatkan pagerank.

2.  Berkomentar di Blog dengan Tema/ Niche Sejenis
Akan lebih mudah berkomentar di blog dengan tema/ niche yang sejenis, karena sesuai dengan pengetahuan anda terhadap hal-hal yang dijelaskan di artikel tersebut. Istilahnya, akan lebih nyambung bila anda ingin bertanya ataupun memberikan masukkan terhadap artikel tersebut.

Meskipun menurut saya pribadi bukan merupakan sebuah keharusan, karena jika kita membaca baik-baik artikel yang disajikan tentunya kita bisa menanggapi artikel tersebut. Namun, berkomentar di blog sejenis lebih bagus dari sudut pandang search engine, untuk itu mengapa berkomentar di blog dengan tema yang sejenis lebih disarankan.

3.  Berkomentar sesuai Isi Artikel
Bacalah dengan seksama artikel yang ingin anda berikan komentar, jangan langsung menuju kotak komentar tanpa mengetahui dengan pasti apa yang dijelaskan dalam artikel tersebut. Komentar yang ngawur biasanya tidak akan lolos moderasi untuk tampil jika pemilik blog memberlakukan kebijakan moderasi dalam berkomentar.

Berikan komentar yang membangun atau member masukkan atau pertanyaan kepada pemilik blog, bisa jadi mendapat perhatian dari pemilik blog yang kemungkinan besar akan memberikan kunjungan balik ke blog anda.

4.  Perhatikan Etika dalam Berkomentar
Mari kita belajar bersama dalam rangka beretika dalam berkomentar saat blogwalking, kemudian jadikan etika tersebut menjadi sebuah budaya yang positif sehingga pemilik blog tidak perlu lagi bersusah payah memberikan peraturan-peraturan yang tercantum disekitar kotak komentar mereka. Poin nomor 3, komentar ngawur tidak sesuai dengan artikel, merupakan salah satu hal yang perlu dihindari dalam kegiatan blogwalking. Selain itu, berkomentar ala kadarnya, menggunakan bahasa Indonesia yang tidak sesuai (singkatan atau bahasa gaul) sebaiknya dihindari.

Itulah beberapa cara blogwalking yang efektif yang bisa saya bagikan dalam postingan ini, silahkan berikan kritik atau tambahan jika masih ada yang kurang dengan berkomentar. Bila anda belum mengerti apa itu blogwalking, silahkan baca informasinya di Pengertian dan Manfaat Blogwalking serta informasi lain tentang Cara Membuat Peraturan di Kotak Komentar Blog. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.