Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Unknown
Update : 27/07/2015

Cara meningkatkan jumlah pengunjung blog menjadi keinginan setiap blogger, dengan pengunjung blog yang bisa mencapai ribuan merupakan salah satu indikator bahwa blog tersebut telah dalam posisi sukses. Bagaimana bisa blog memiliki pengunjung yang banyak?

cara meningkatkan jumlah pengunjung blog dengan seo dan cepat

Sejujurnya, tidak ada cara meningkatkan pengunjung blog dengan cepat, mengapa? Ya, karena semua butuh waktu dan proses. Nah, mungkin waktu dan proses bagi sebagian blogger yang telah menguasai niche tertentu sehingga dari segi waktu dan proses memang lebih cepat apabila dibandingkan dengan blogger lain yang mungkin masih pemula, itulah mengapa ada beberapa orang yang mengklaim mengetahui cara meningkatkan pengunjung blog dengan cepat.

Namun, ada juga blogger yang menggunakan keahliannya (dalam hal ini seo) dan diterapkan menjadi sebuah cara meningkatkan pengunjung blog dengan seo. Memang belajar seo tidak ada ruginya, bisa dimanfaatkan untuk blog sendiri selain di komersil kan untuk memperoleh profit.

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa untuk membuat blog banyak pengunjung harus memiliki jumlah artikel yang banyak karena selalu diupdate. Tapi jangan salah, kunci-nya adalah konten yang bermanfaat. Semua pasti setuju dengan hal ini, konten yang berkualitas dan banyak manfaat tentu akan selalu dicari oleh banyak orang. Ingat, konten berkualitas dan bermanfaat, bukan berapa banyak konten yang sobat buat. Untuk itulah, sobat bisa lihat status jumlah index artikel beberapa blog terkenal, bagaimana cara mengetahuinya? Lihat contoh dari blog backlinko.com, perhatikan index, pagerank, alexa rank dan harga blog, bagaimana menurut sobat?

cara meningkatkan pengunjung blog dengan seo dan cepat

Coba bandingkan dengan ini

 
Jauh banget bukan? Ya iya lah, hahaha... Padahal jumlah yang di index oleh Google masih lebih banyak blogoonline kan?

Dari google index blog tersebut (gunakan seoquake), semakin banyak angka index google sebuah blog maka kemungkinan semakin banyak artikel yang telah dibuat. Tapi, ada blog yang hanya ter-index oleh google pada angka 100-an saja dan hanya dengan beberapa posting artikel saja tapi bisa mempunyai pagerank maupun alexa rank yang tinggi. Logika-nya, jika jumlah google index yang tampil dengan artikel yang jumlahnya cuma sedikit, ini berarti tiap-tiap artikelnya mengandung jumlah kata yang banyak, kurang lebih antara 1000 - 2000 kata per artikelnya. Lalu, masalahnya apa?

Sebenarnya bukan masalah, lebih tepatnya mengapa blog yang hanya dengan beberapa posting artikel saja (meskipun jumlah kata per artikel banyak, yaitu 1000 - 2000 kata) bisa mendapatkan pengunjung blog yang banyak, per bulannya bisa mencapai 50.000 pengunjung bahkan lebih. Bagaimana ini bisa terjadi? Kemudian, bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog dengan cepat seperti itu? Adakah rahasianya? Untuk dikatakan rahasia sebenarnya tidak juga, mengapa? Karena semuanya wajar seperti blog normal lainnya, hanya saja ada beberapa bagian yang lebih dimaksimalkan bila dibandingkan blog-blog normal lainnya. Apa saja itu?

Langsung saja, berikut cara meningkatkan jumlah pengunjung blog :

1. Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan SEO
  • Pemilihan Template Blog (SEO dan Fast Loading) : Template blog merupakan salah satu faktor yang mendukung blog agar banyak pengunjung. Dengan SEO dan kecepatan loading dari sebuah template, lalu pemilihan latar yang mendukung agar tulisan dapat dibaca dengan jelas akan membuat pembaca/ pengunjung blog merasa nyaman ketika berkunjung ke blog kita. Bayangkan saja jika kecepatan loading lama ditambah lagi tulisan yang sulit terbaca karena warna background yang mirip dengan warna font tentu akan membuat pembaca cepat kabur dari blog kita kan? Fasilitas Template yang SEO Friendly merupakan faktor lain sebagai pendukung agar artikel blog bisa dengan cepat terindex oleh search engine seperti google, yahoo ataupun bing.

  • Postingan Artikel Unik yang Bermanfaat dan SEO : Artikel unik dan bermanfaat untuk pengunjung merupakan faktor vital dari seluruh faktor yang mendukung blog. Jangan pernah copy paste dari artikel di blog lain, meskipun dengan tema yang sama bila sobat menuliskan artikel dengan gaya bahasa sobat sendiri, search engine akan menganggap artikel sobat tersebut unik, bukan plagiat. Bermanfaat, tentu saja yang dibutuhkan oleh pengunjung untuk mencari jawaban atas kesulitan yang sedang mereka hadapi atau informasi yang bisa membantu menambah wawasan para pengunjung. Jangan lupakan juga untuk membuat artikel pilar, artikel yang akan tetap relevan meskipun waktu sudah berjalan sekian lama. Karena dengan artikel pilar tersebut sobat bisa menghemat waktu untuk menulis banyak artikel. Dengan satu artikel pilar, akan tetap terus dicari dan bermanfaat untuk mereka yang belum tahu persis akan informasi yang sobat sajikan tersebut.

2.  Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Social Network
Sekarang ini siapa sih yang tidak punya akun media sosial? Pasti sebagian dari kita punya akun facebook, twitter, instagram, path dan lain-lain, benar kan? Jika sobat aktif di sosial media, gunakan semua fasilitas dari sosial media tersebut untuk mempromosikan blog sobat dengan menampilkan artikel yang bermanfaat dari blog sobat di sosial media tersebut.

Bila sobat mempunyai artikel yang bersifat VIRAL, teknik ini bisa sangat diandalkan. Artikel sobat akan dengan cepat menyebar di sosial media dan bisa mendapatkan pengunjung yang mungkin diluar perkiraan.

3. Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Social Bookmarking
Situs social bookmarking sangat menguntungkan, ada dua keuntungan yang bisa kita peroleh jika memanfaatkan sosial bookmarking. Yang pertama, biasanya situs social bookmarking lebih cepat terindex oleh mesin pencari karena reputasi mereka yang lebih tinggi dari blog kita tentunya, untuk itu artikel kita juga lebih cepat terindex jika ditampilkan di situs social bookmarking.

Yang kedua, kita bisa mendapatkan backlink dari situs mereka. Berarti menambah jumlah backlink kan? Walaupun mungkin secara relevansi bisa dianggap kurang oleh mesin pencari.

4. Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Forum
Forum sangat membantu meningkatkan pengunjung blog karena kita bisa memposting artikel dengan menempatkan link pada akhir dari artikel atau signature.

Jika artikel yang kita buat menarik perhatian anggota forum maka otomatis mereka akan mengunjungi blog kita untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

5. Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Blogwalking
Blogwalking masih dipercaya sebagai salah satu cara efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog, akan tetapi sobat perlu menyediakan waktu luang untuk bisa melakukannya. Yang pasti diingat dan harus diterapkan yaitu jangan berkomentar spam, cuma sekedar ingin menanam link saja.

Baca : Apa itu blogwalking?

Bonus dari saya,

6. Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Email Marketing
Apabila blog sobat menggunakan fasilitas email subscriber dan kebetulan sudah memiliki pelanggan yang cukup banyak, ini bisa dimanfaatkan untuk promosi jika sobat akan mengeluarkan artikel baru yang belum diposting diblog dan mereka berhak untuk mendapatkan informasi tersebut lebih awal.


Mungkin ini dulu yang bisa saya sharing dari cara meningkatkan jumlah pengunjung blog, semoga bermanfaat. Baca juga informasi mengenai Cara Blogwalking yang Efektif.

2 komentar:

  1. Banyak cara meningkatkan jumlah pengunjung blog

    BalasHapus
  2. Hmb, lbanyak juga ya cara menignkatkan trafic blog. setahu saya sih cuman blog walking. karena kan saling mengunjungi logikanya :D

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.