Cara Membuat Dynamic Heading di Blogspot

Unknown
Kali ini blogoonline akan berbagi mengenai Cara Membuat Dynamic Heading di Blogspot. Membuat blog agar lebih SEO Friendly menjadi sebuah harapan bagi semua blogger, salah satu teknik untuk menjadikan blog menjadi SEO Friendly adalah dengan cara membuat dynamic heading di blog. Caranya, melakukan peng-edit-an di template blogspot anda sehingga blog menjadi lebih SEO Friendly di mata search engine.

Pengertian Dynamic Heading
Sebelum penjelasannya saya lanjutkan, anda tentunya perlu tahu terlebih dahulu apa itu dynamic heading? Pengertian dynamic heading adalah header dari blog yang bersifat dinamis, artinya dapat berubah secara otomatis. Ketika sedang berada diposisi beranda, maka nama dari blog yang akan tampil namun ketika sedang membaca sebuah artikel, maka judul artikel tersebut-lah yang menjadi header. Semoga anda paham dengan yang saya maksud, berikut gambar yang mungkin bisa membantu pemahaman anda.

Ada 3 hal yang perlu anda perhatikan dan lakukan dalam rangka membuat dynamic heading untuk blog anda. Berikut 3 Cara Membuat Dynamic Heading di Blogspot :

1.  Header
Disini intinya untuk membuat header blog otomatis berganti dengan judul dari sebuah artikel. Anda perlu mengedit template blog anda, Dashboard >> Template >> Edit HTML.
Kemudian cari kode <b:include name=’title’/> dengan CTRL+F, lalu ganti dengan kode berikut :

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<b:include name='title'/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>

Akan ada 3 kode <b:include name=’title’/>, lakukan pergantian tersebut dari yang paling bawah. Artinya, jika kode paling bawah sudah anda ganti tetapi belum terjadi perubahan, maka kembalikan ke posisi semula dulu kemudian anda ganti kode <b:include name=’title’/> yang kedua dari bawah. Begitu seterusnya sampai berhasil.

cara membuat dynamic heading di blogspot
2.  Judul artikel
Mengedit judul artikel menjadi ukuran h2, karena biasanya ukurannya h3. Caranya, masih diposisi Edit HTML template blog anda lalu cari kode h3.post yang tidak menggunakan mobile, setelah ketemu lalu ganti menjadi h2.post.
Kemudian, cari dengan CTRL+F kode <h3 class=’post dan ganti menjadi <h2 class=’post lalu tutup end tag-nya </h3> diubah menjadi </h2>

3.  Judul widget
Berikut cara merubah judul widget menjadi h3, masih diposisi Edit HTML cari kode berikut :
<b:widget id='BlogArchive1' locked='false' title='Arsip Blog' type='BlogArchive'>
<b:includable id='main'>
  <b:if cond='data:title'>
    <h2><data:title/></h2>
  </b:if>

Lalu ganti kode h2 tersebut menjadi h3. Simpan perubahan template anda.

Demikian Cara Membuat Dynamic Heading di Blogspot, sebelum melakukan peng-editan sebaiknya anda back up dulu template anda. Untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan saat proses pengeditan. Baca juga artikel tentang cara mengatasi posting blog yang error. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

2 komentar:

  1. apakah dynamic heading ini bagus untuk SEO gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teknik ini merupakan salah satu dari beberapa kriteria template yang SEO Friendly, jadi dengan penggunaan dynamic heading ini diharapkan bisa memperbaiki peringkat artikel di mata search engine.

      Hapus

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.