Cara Membuat Menu Kontak di Blogspot #1

Unknown
Cara Membuat Menu Kontak di Blogspot mungkin sudah agak terlambat bahasannya, namun menurut saya materi ini masih dibutuhkan jika kita lupa. Memang widget bawaan blogger sudah tersedia dan bisa kita manfaatkan untuk membuat kontak dalam bentuk widget, tapi bagaimana caranya membuat menu kontak bukan widget? Meskipun kita akan memanfaatkan widget kontak, namun hasilnya menu kontak tersebut berada di posisi menu atas (biasanya berada disamping menu beranda, tentang dan privacy policy).

Silahkan klik menu kontak, untuk melihat demo dari hasilnya. Langsung saja, berikut cara membuat menu kontak di blogspot :

1.    Buat widget kontak dari halaman layout anda.
2.    Buat page/ halaman baru. Isikan “Kontak” atau “Hubungi Kami” pada judul page.
3.    Pastekan kode berikut ini di HTML halaman “Kontak” yang akan anda buat :

<form name='contact-form'> <div>Your Name : </div> <input class='contact-form-name' id='ContactForm1_contact-form-name' name='name' size='30' type='text' value=''/> <div>Your Email: <em>(required)</em></div> <input class='contact-form-email' id='ContactForm1_contact-form-email' name='email' size='30' type='text' value=''/> <div>Your Message: <em>(required)</em></div> <textarea class='contact-form-email-message' id='ContactForm1_contact-form-email-message' name='email-message' rows='5'></textarea> <p></p> <input class='contact-form-button contact-form-button-submit' id='ContactForm1_contact-form-submit' type='button' value='Send'/> <div style='text-align: center; max-width: 450px; width: 100%'> <p class='contact-form-error-message' id='ContactForm1_contact-form-error-message'></p> <p class='contact-form-success-message' id='ContactForm1_contact-form-success-message'></p> </div> </form>

4.  Selanjutnya, anda hapus widget kontak anda dari Edit HTML template anda untuk menghilangkan form kontak di widget, caranya sebagai berikut :

•    Cari di edit template HTML, dengan ctrl+F kode berikut <b:widget id='ContactForm1'

•    hapus dari kode ini : <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'> sampai kode ini : </div>

•    yang berada tepat sebelum kode ini : <b:include name=’quickedit’/>

5.    Simpan dan lihat hasilnya.

Tips : Jangan menghapus widget kontak dari layout karena akan berimbas kepada menu kontak yang anda buat menjadi terhapus juga.

cara membuat menu kontak di blogspot
Demikian Cara Membuat Menu Kontak di Blogspot, bila ada yang kurang silahkan ditambahkan dikomentar. Baca juga artikel tentang pengertian, manfaat dan fungsi anchor text. Semoga artikel ini bermanfaat.

Update :
Bila cara ini tidak bekerja dengan baik, silahkan anda coba dengan cara membuat menu kontak di blogspot bagian kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.