Penyebab dan Solusi Alexa Rank Blog Menurun

Unknown
Penyebab dan Solusi Alexa Rank Blog Menurun - Setelah google memutuskan untuk tidak melakukan publikasi terhadap update pagerank, praktis indikator yang paling mudah dijadikan patokan oleh pengunjung adalah alexa rank. Meskipun sebenarnya alexa rank bukan termasuk dari teknik SEO dan bukan sebuah indikator yang cukup akurat, mengapa?

Penyebab dan Solusi Alexa Rank Blog Menurun
image fulltechtips.com
Yang pertama, untuk link in yang ditampilkan pada widget alexa sangat jauh berbeda dengan google webmaster. Dari yang blogoonline perhatikan, setidaknya link in yang tampil pada widget alexa rank hanya 4 sampai 5 kali lebih kecil dari yang dilaporkan google webmaster.

Yang kedua, untuk peringkat alexa rank baik global maupun lokal sangat dipengaruhi oleh pengunjung yang menggunakan alexa toolbar dibrowsernya. Meskipun menurut beberapa pendapat alexa mulai memperhitungkan kepopuleran blog dari media social.

Walaupun perhitungan alexa tidak cukup akurat, namun banyak pihak terutama para pengiklan yang membuat rangking alexa menjadi patokan untuk bersedia menempatkan iklan pada blog dengan alexa rank yang ramping. Itulah alasannya mengapa alexa rank masih diperhitungkan oleh pemilik blog yang membuka lapak iklan mandiri di blognya.

Penyebab Alexa Rank Blog Menurun
Posisi blogoonline sampai artikel ini ditulis terus mengalami penurunan alexa rank, dari global rank 600 ribuan kini menjadi 800 ribuan (lokal rank 12 ribuan sampai n/a alias tidak tampil) hanya dalam waktu kurang lebih satu atau dua bulan terakhir ini. Dan penyebab alexa rank yang menurun pada blogoonline sama dengan yang banyak dibicarakan oleh blogger webmaster lain yaitu :

1.  Tidak Update Artikel
2.  Tidak Melakukan Aktifitas SEO (mencari backlink)

Selain penyebab diatas masih ada lagi beberapa penyebab alexa rank menurun seperti traffic blog yang menurun, mengganti template, mengganti subdomain menjadi custom domain, google yang sedang memperbaharui algoritmanya atau alexa sendiri yang sedang mengupdate algoritmanya.

Jika sudah mengalami hal ini (seperti yang sedang blogoonline alami saat ini), maka perlu secepatnya melakukan tindakan yang tepat.

Solusi Alexa Rank Blog Menurun
Untuk memperoleh solusi yang tepat dari alexa rank yang merosot, pertama yang perlu dilakukan adalah menganalisa penyebab alexa rank menurun. Setelah menyadari kesalahan tersebut, secepatnya untuk melakukan perbaikan (yang sedang blogoonline lakukan sekarang). Karena penyebab alexa rank blogoonline menurun sudah diketahui, maka solusinya pun sudah didapatkan yaitu dengan terus mengupdate artikel dan kembali menambahkan backlink. Selain itu, blogoonline juga sedang melakukan eksperimen kecil untuk membantu mempercepat alexa rank menjadi ramping kembali.

Demikian artikel penyebab dan solusi alexa rank blog menurun, mohon do’a nya agar blogoonline bisa berhasil dengan ekperimen kecil ini. Baca juga 4 cara menaikkan alexa rank. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.