Cara Memulai Bisnis Online

Admin
Untuk bisa menjalankan bisnis online ternyata perlu beberapa tahapan, bagi pemula mungkin akan merasa kesulitan karena bingung mau mulai dari mana. Oleh sebab itu, cara memulai bisnis online perlu dipersiapkan dengan baik agar bisa menghasilkan uang dari internet dengan maksimal. Blog Oonline akan berbagi sedikit tips cara memulai bisnis online.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis online? Bisakah bisnis online dilakukan dengan modal terbatas? Tentu saja bisa, untuk memulai bisnis online perlu diperhatikan terlebih dahulu bisnis online apa yang akan dikerjakan. Berikut ini beberapa cara memulai bisnis online :

1. Online to Online
Bila jenis bisnis ini yang dipilih, apa saja yang bisa dilakukan? Beberapa jenis bisnis online yang bisa dipilih dari tipe ini yaitu :

a. Jual beli hosting dan domain
Jual beli hosting dan domain bisa dimulai dengan menjadi reseller, anda hanya perlu memasarkan tanpa perlu menjadi agen yang harus mengeluarkan sejumlah uang.

b. Jual beli blog
Untuk jual beli blog, ada dua pilihan yang bisa digunakan. Membangun blog sendiri dari awal atau membeli blog yang sudah jadi. Membeli blog yang sudah jadi dengan keadaan yang minim pengunjung kemudian mengembangkan menjadi lebih populer akan membuat harga blog meningkat drastis.

c. Jual template blog
 Bila anda mempunyai kemampuan dalam bahasa pemrograman terutama untuk membuat template, bisa anda gunakan dengan membuat template blog dan menjualnya. Harga satu template juga lumayan tergantung dari fitur-fitur yang tersedia. Atau anda juga bisa menjadi reseller, dengan menghubungi pembuat template dan melakukan penawaran kerjasama untuk menjualkan kembali template produksinya.

d. Jasa pembuatan website atau blog
Bila keahlian yang anda punya tidak hanya membuat template, artinya anda bisa membuat template sendiri kemudian mampu mengoptimalkan website atau blog ( sering disebut SEO ) anda bisa membuat jasa pembuatan website atau blog lengkap dengan jasa SEOnya.

2. Offline to Online
Jenis bisnis online ini maksudnya bisnis yang tadinya dijalankan secara offline dibawa menjadi bisnis yang dijalankan secara online. Misalnya dengan membuka toko online baju, tas, sepatu dan lain-lain. Kalaupun anda belum punya produk sendiri, anda bisa mencoba menjadi reseller dahulu atau dropshiper. Memasarkan produk yang sudah dimiliki oleh sebuah toko online yang memberikan kesempatan untuk bekerjasama sebagai reseller atau dropshiper.

Cara Memulai Bisnis Online
Cara memulai bisnis online lain yang mungkin bisa dilakukan, bila anda mempunyai keahlian menjahit dan membuat baju. Tawarkan keahlian anda tersebut dengan membuat blog gratis baik membuat blog di blogger ataupun membuat blog di wordpress, lalu sertakan beberapa foto hasil buatan anda. Kemudian gunakan sistem penjualannya by order, artinya anda tidak membuat stok baju, melainkan membuat baju berdasarkan pesanan.

Pada dasarnya bisnis online merupakan bisnis dengan tingkat kepercayaan yang tinggi, bila anda tidak bisa mempertahankan kepercayaan pelanggan maka lama kelamaan bisnis online yang anda bangun dari nol akan ditinggalkan pelanggan.

Demikian sedikit informasi bagaimana cara memulai bisnis online, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Terima kasih info macam-macam bisnis online-nya, jadi tertarik sama jual beli blog. Kunjung balik ya bos http://www.widtama.com salam sukses

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.