Domain Authority dan Page Authority : Pengertian, Cara Meningkatkan dan Cara Cek Nilainya

Unknown
Domain Authority dan Page Authority : Pengertian, Cara Meningkatkan dan Cara Cek Nilainya - Domain Authority dan Page Authority digunakan sebagai indikator baru setelah Google memutuskan untuk tidak mempublikasikan Pagerank sebuah situs/ blog yang menunjukkan tingkat keberhasilan sebuah situs/ blog yang dinilai oleh mesin pencari.

apa itu domain authority dan page authority

Mungkin ada sobat yang belum mengerti apa yang dimaksud dengan Domain Authority dan Page Authority, jadi mari kita bahas saja istilah ini karena erat hubungannya dengan berburu backlink.

Apa itu Domain Authority (DA)

Domain Authority atau dalam bahasa Indonesia disebut Otoritas Domain adalah skala kekuatan nama domain yang diberikan oleh mesin pencari untuk menempatkan posisi peringkat sebuah situs/ blog.

Cara Meningkatkan Domain Authority (DA)

Domain Authority dinilai dari tiga faktor yaitu usia domain, popularitas dan ukuran (jumlah posting yang bermanfaat).

Usia Domain
Semakin lama usia domain namun tetap masih eksis menjadi indikator bahwa situs/ blog tersebut memang aktif dan konsisten. Lalu lintas yang datang pada situs/ blog dianggap sedang mencari informasi dari sumber yang terpercaya, artinya situs/ blog yang sobat miliki dianggap sebagai sumber terpercaya oleh mesin pencari.

Popularitas Domain
Diukur dari jumlah inbound link yang mengarah ke sebuah situs/ blog. Perlu diperhatikan, meskipun jumlah inbound link dianggap sebagai sinyal bahwa situs/ blog mempunyai nilai dan manfaat akan tetapi jika cara mendapatkan inbound link tidak menggunakan teknik white hat seo maka kemungkinan terburuk bisa saja terjadi pada situs/ blog sobat.

Ukuran atau Jumlah Post yang Bermanfaat
Semakin besar ukuran (jumlah posting) sebuah situs/ blog semakin berpengaruh terhadap inbound link, sebab korelasi terjadi antara jumlah halaman dan jumlah konten. Tentunya manfaat dari konten untuk pengunjung juga menjadi tolak ukur yang digunakan oleh Google untuk meningkatkan Domain Authority.

Apa itu Page Authority (PA)

Page Authority atau biasa disebut Otoritas Halaman adalah kemungkinan (popularitas) sebuah halaman ditemukan oleh mesin pencari karena relevansi informasi dan link dalam halaman situs.

Semakin tinggi nilai Page Authority maka akan semakin tinggi pula posisi halaman situs/ blog ditemukan pada hasil pencarian mesin pencari.

Cara Meningkatkan Page Authority (PA)

Seperti halnya Domain Authority, Page Authority pun dapat ditingkatkan nilainya. Dan Google sebagai mesin pencari dengan algoritma yang selalu update melihat situs dari value-nya, apa saja value tersebut :

Konten Asli dan Fresh
Situs dengan konten asli memiliki nilai yang bagus dimata mesin pencari, ditambah informasi yang bermanfaat dengan kata kunci yang relevan dan menyenangkan pengunjung yang membacanya membuat Google sayang dengannya, dan tidak berlebihan jika situs seperti kriteria tersebutlah yang mendapatkan peringkat yang bagus dimata Google.

Jangan salah mengenai konten yang fresh, bukan berarti sobat harus memposting artikel baru setiap harinya sebab dengan mengupdate konten yang sudah ada juga bisa diartikan sobat telah me-refresh konten. Jadi jangan terpaku dengan konten baru, jika kebetulan sobat sedang tidak mempunyai ide untuk menulis konten baru maka update saja konten yang sudah ada.

Backlink Berkualitas
Situs yang memiliki backlink berkualitas sama halnya dengan konten yang asli, akan memperoleh perhatian yang baik dari mesin pencari. Dengan konten asli yang bermanfaat, situs milik sobat bisa saja menjadi rujukan bagi blogger lain dan dengan sukarela memberikan backlink-nya, ini merupakan salah satu backlink berkualitas.

Bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas lainnya? Bisa sobat baca disini.

Video dan Gambar
Melengkapi konten dengan video dan gambar membuat konten sobat memiliki value tambah, dengan kemampuan mesin pencari yang semakin baik bisa mengenali video dan gambar.

Video dan gambar juga bisa di optimasi dan meningkatkan SEO. Yang perlu sobat perhatikan adalah ukuran dari gambar dan penempatan video pada konten yang sobat anggap penting, ini berkaitan dengan kecepatan situs. Jangan sampai niatnya meningkatkan performa situs tapi justru malah mengganggu kecepatan loading situs sobat sendiri.

Skala yang digunakan untuk mengukur peringkat Domain Authority dan Page Authority adalah angka dari 0-100. Semakin tinggi nilainya, otomatis semakin bagus dan berkualitas sebuah situs. Apabila sobat menggunakan subdomain blogspot, Domain Authority-nya memiliki nilai rata-rata 90, nah sobat tinggal meningkatkan saja nilai Page Authority. Lalu bagaimana cara mengetahui nilai Domain Authority dan Page Authority?

Cara Mengecek Nilai Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Nah bagaimana cara mengecek nilai DA dan PA dari situs yang sobat kelola, mudah saja sobat tinggal memanfaatkan layanan tools online berikut :

http://moz.com/researchtools/ose/
http://www.bulkdachecker.com/
http://moonsy.com/domain_authority/
http://moonsy.com/page_authority/
http://smallseotools.com/domain-authority-checker/
http://smallseotools.com/page-authority-checker/
http://99webtools.com/page-authority-domain-authority-checker.php

Cara menggunakannya mudah kok, seperti ini langkah-langkahnya :
1. Kunjungi salah satu link diatas
2. Masukkan alamat URL sobat, Enter atau klik cek jika ada tombol
3. Apabila ada kode captha, silahkan inputkan saja
4. Tunggu prosesnya
5. Selesai

Bagaimana mudah bukan?

Demikian artikel mengenai Domain Authority dan Page Authority : Pengertian, Cara Meningkatkan dan Cara Cek Nilainya semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Artikel tentang sangat bermanfaat Terima kasih atas info yg memberi pencerahannya.Membangun sebuah blog dan mengembangkannya salah satu usaha pemilik website ingin di kenal orang banyak dan tentunya semua konten di cap baik terhadap mesin pencari, manakala sebuah blog mempunyai reputasi baik di internet ketika jangan sampai memulai mengembangkan sayapnya sebagai blog yang selalu masuk SERP google dengan cara optimasi seo onpage yang di sukai mesin pencari google akan kandas

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.