Cara Belajar SEO untuk Pemula : Panduan Lengkap

Admin
Belajar SEO untuk Pemula - Setiap blogger pastilah sudah pernah mendengar istilah SEO, benar kan? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, jika diartikan kedalam bahasa Indonesia maka berarti optimalisasi mesin pencari.

Apa itu Searh Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan ilmu marketing yang fokus pada pertumbuhan visibilitas organik di hasil mesin pencari (non-bayar). Ada banyak aspek dalam SEO, didalamnya meliputi unsur teknis dan kreatif untuk meningkatkan peringkat, traffic dan kedekatan dengan mesin pencari atau sering dikenal SEO friendly.

Banyaknya aspek SEO inilah yang mungkin menyebabkan banyak orang jadi bingung untuk belajar seo terutama bagi pemula. SEO bukan hanya membangun situs yang ramah dengan mesin pencari tetapi membuatnya lebih baik bagi pengunjung.

panduan cara belajar seo untuk pemula dari dasar

Mengapa Perlu SEO

Mayoritas traffic web berasal dari search engine, meskipun media sosial dan jenis traffic yang lain juga bisa menghasilkan kunjungan tetapi mesin pencari masih menjadi metode utama untuk sebagian besar pengguna internet. Ini berlaku untuk semua situs, entah yang menyediakan konten, produk, informasi, layanan dan lain-lain.

Mesin pencari itu unik, mereka menyediakan traffic yang tertarget dari apa yang orang butuhkan. Jika mesin pencari tidak menemukan situs sobat atau menambahkan konten sobat ke database mereka maka sungguh rugi karena sobat telah kehilanggan sumber traffic yang begitu besar.

Kata yang diketikkan pengguna di kotak pencarian memberikan nilai yang sangat luar biasa dalam pencarian. Untuk itu, investasi dalam SEO dapat memiliki tingkat kembali yang luar biasa dibandingkan dengan jenis pemasaran dan promosi yang lain.

Pentingkah belajar SEO bagi pemula?

Belajar SEO dasar mengenai ilmu SEO bisa dikatakan sebagai kebutuhan, terlebih bagi seorang blogger yang memang sangat dekat kaitannya dengan search engine. Algoritma SEO yang bersifat dinamis, menuntut kita untuk selalu mengikuti perubahan dan perkembangan tersebut.

Bila sobat merasa masih pemula jangan malu atau minder, saat ini sobat tidak perlu bingung jika memang berniat untuk belajar SEO, mengapa? Karena sekarang sudah banyak tempat untuk belajar SEO, beberapa blog yang membahas cara belajar SEO untuk pemula biasanya menyediakan juga kursus belajar SEO online dengan memanfaatkan fasilitas pdf atau sering disebut ebook. Bahkan beberapa diantaranya juga memberikan informasi untuk belajar SEO gratis.

Bagaimana, masih tertarik untuk belajar SEO kan?

Sebaiknya begitu, karena belajar SEO tidak akan ada ruginya. Jika sobat bisa menguasai SEO maka sobat juga bisa berkesempatan untuk menghasilkan uang dengan membuka jasa SEO murah sendiri atau bekerja sebagai team SEO disebuah perusahaan.

Lalu, apa sebenarnya Tujuan Belajar SEO?

Seperti yang telah dijelaskan sedikit diatas, bahwa tujuan belajar SEO bisa sobat digunakan untuk mendapatkan uang. Baik membuka jasa SEO maupun bekerja di perusahaan sebagai team SEO.

Selain itu, sobat juga bisa menghasilkan uang dari blog yang sobat bangun sendiri dengan SEO yang baik. Dengan mengoptimalkan SEO, blog akan mampu bersaing dalam mendapatkan posisi peringkat di halaman awal google, sehingga membawa traffic pengunjung yang meningkat. Dengan pengunjung blog yang ramai tentu saja semakin membuka peluang sobat dalam cara menghasilkan uang dari blog, entah dari membuka iklan mandiri maupun dari google adsense, yang pasti blog tersebut bisa sobat maksimalkan untuk menghasilkan uang.

Bagaimanapun juga SEO akan tetap dibutuhkan, sampai kapan pun..

Lalu, dari mana sebaiknya memulai belajar SEO?

Saya akan coba memetakan dari awal apa yang saya ketahui mengenai belajar SEO blogspot untuk pemula.

Riset Kata Kunci

Riset kata kunci merupakan langkah yang cukup penting, tidak boleh diremehkan. Karena dengan kata kunci, blog sobat bisa mendapat kunjungan organik yang berasal dari mesin pencari. Pengguna internet selalu mengetikkan kata kunci ketika browsing bukan? Nah, jika sobat bisa menggunakan kata kunci yang tepat dan memaksimalkannya maka kemungkinan besar blog sobat akan dapat banyak kunjungan.

Pemakaian kata kunci disarankan untuk diletakkan dibeberapa tempat agar membantu mengoptimalkan SEO sebuah blog :

1. Domain
Nama domain merupakan salah satu teknik SEO, jika sobat membuat blog baru, karena bagaimana pun ketika sebuah kata kunci di ketikkan pada pencarian browser, mesin pencari akan mencari seluruh web/ blog yang mengandung kata kunci tersebut termasuk nama domain-nya.

Selain nama domain yang menggunakan kata kunci, Domain Authority menjadi faktor lain dari SEO. Biasanya, domain baru akan lebih rentan dengan penalti dari google, karena belum terbukti kredibilitasnya. Salah satu cara untuk menaikkan Domain Authority yaitu dengan membeli domain dengan jangka waktu yang panjang sekaligus (3-5 tahun), selanjutnya sobat tinggal membuat posting secara konsisten.

2. Judul Artikel
Kata kunci sangat kuat perannya jika sobat meletakkannya di judul artikel, mengapa? Karena ini merupakan salah langkah untuk membuat artikel sobat lebih SEO dan merupakan saran dari pakar SEO. Namun bukannya sembarangan untuk meletakkan kata kunci di judul artikel.

Lalu dimana tempatnya? Tempatnya di awal suku kata dari judul artikel, artinya sobat perlu menempatkan kata kunci yang sobat bidik pada awal kata, bukan ditengah apalagi di akhir judul artikel ya..

3. Url Posting
Selanjutnya, letakkan kata kunci anda pada url posting. Sobat tidak perlu memasukkan judul artikel lengkap di url posting, karena sobat sudah bisa mengatur url posting yang ingin ditampilkan. Nah, kesempatan ini bisa sobat maksimalkan untuk meletakkan kata kunci yang paling banyak dicari pada url posting.

Apalagi, judul artikel sobat juga sudah mengandung kata kunci di awal kata bukan? Jadi untuk meletakkan kata kunci tersebut saja di url posting masih relevan, tidak harus full judul artikel sobat masukkan ke url postingan.

4. Dynamic Heading (optional)
Membuat blog menjadi dynamic heading dianggap mampu membantu memaksimalkan SEO untuk blog, alasannya karena judul artikel juga tampil menggantikan judul/ nama blog secara otomatis ketika sebuah artikel dipilih untuk dibaca.

Tapi ternyata teknik ini bukan jaminan, karena banyak web/ blog yang hanya menggunakan logo atau sengaja tidak membuat dynamic heading juga bisa menempati posisi peringkat yang cukup bagus pada hasil pencarian search engine.

5. Artikel
Kata kunci didalam artikel ya memang sudah seharusnya, meskipun begitu tidak sembarangan untuk meletakkan kata kunci didalam artikel. Beberapa teknik yang sepertinya sudah menjadi semacam peraturan bagi pemilik blog diantaranya yaitu meletakkan kata kunci di 100 kata pertama dalam artikel, setelah itu tersebar di tengah dan akhir artikel.

Berikutnya, kerapatan kata kunci (keyword density), dari total jumlah kata sebuah artikel kata kunci maksimal muncul 3-4% saja. Alasannya supaya artikel benar-benar bisa dibaca oleh manusia bukan cuma menuliskan kata kunci saja karena terobsesi mengejar SEO.

SEO On-page

1). Template Blog
Hal yang paling pertama untuk dilakukan dari dalam blog (SEO Onpage) yaitu :

Memilih Template Blog
Memilih template blog dengan tepat dapat membantu meningkatkan performa blog, bagaimana cara untuk memilih template yang tepat dan apa saja kriteria dari sebuah template yang bagus? Silahkan cari tahu informasinya di cara tepat memilih template untuk blog

Meta Tag SEO Friendly
Meta tag merupakan bagian dari sebuah template, meskipun posisinya didalam template tapi meta tag sangatlah penting peranannya bagi sebuah blog. Karena meta tag berfungsi sebagai juru bicara dari blog sobat dengan robot dari mesin pencari, disini akan menjelaskan apa saja yang ada di blog sobat, seperti tema blog tentang apa, kata kunci dan hal-hal lain tentang blog yang perlu disampaikan pada mesin pencari.

Tetapi terkadang template blog, terutama template bawaan atau default dari blogger belum mempunyai susunan meta tag yang lebih SEO. Untuk itulah perlu dilakukan setting atau menyusun ulang meta tag pada template, silahkan baca di Cara Memasang Meta Tag SEO Friendly untuk mengetahui informasi lengkapnya. Tapi sebenarnya sobat tidak perlu khawatir jika sudah memilih template yang SEO Friendly, karena biasanya template tersebut sudah menyertakan susunan meta tag yang SEO Friendly juga.

Setting Meta Title Tag
Title tag merupakan bagian yang sangat penting bagi sebuah blog, dari judul/ title tag ini sebuah blog bisa optimal dalam bersaing memperoleh peringkat di search engine. Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang title tag dalam belajar seo untuk pemula, apa saja itu? Dapatkan informasinya tentang Cara Setting Meta Title Tag SEO Friendly

Setting Robot.txt
Membuat robot.txt pada blog sobat dapat membantu robot mesin pencari melakukan penelusuran yang efektif sesuai permintaan sobat, dengan mengabaikan yang tidak penting dan mengharuskan penelusuran dilakukan. Untuk membuat dan setting robot.txt bisa sobat dapatkan informasi lengkapnya disana.

Setting Custom Robot Header

Setting custom robot header merupakan salah satu cara untuk mengatasi duplikat konten pada blogspot, cara yang mudah dan sangat sederhana untuk dilakukan. Namun, jika sobat belum tahu bagaimana cara melakukan setting tersebut sebaiknya tidak melakukannya dengan sembarangan, ikuti penjelasan cara setting custom robot header ini.

2). Pengaturan Posting
    
Artikel
Artikel merupakan faktor utama dari setiap blog yang online di internet, artikel yang ditulis dengan baik pasti akan mendapat perhatian dari pembaca dan akan selalu ditunggu kehadiran artikel selanjutnya yang pada akhirnya blog akan semakin banyak dikunjungi karena artikel yang dianggap bisa memberikan solusi atas sebuah permasalahan.

Seperti yang dijelaskan diatas, artikel juga perlu diperhatikan supaya bisa sesuai dengan SEO juga. Beberapa diantaranya yaitu jumlah artikel minimal 1500 kata, penempatan kata kunci pada awal 100 kata, kerapatan kata kunci dan lain-lain. Silahkan ketahui informasi lengkapnya di artikel cara membuat artikel yang baik di blog.

Gambar Pendukung
Gambar mempunyai peran tersendiri dari sebuah artikel blog, karena bisa membantu menjelaskan maksud dari artikel dengan bahasa visual yang langsung bisa dilihat. Misalnya, jika dengan kata-kata pengunjung perlu mencerna dulu maksud yang ingin disampaikan, nah jika ditambah penjelasan dengan visual orang pasti akan lebih mengerti dari maksud tersebut. Apa dan bagaimana cara mengoptimasi gambar agar seo friendly? Langsung saja ke TKP ya..

Label
Belum banyak yang mengetahui jika labels blogspot yang fungsi utamanya memisahkan posting berdasarkan kategori tertentu ternyata bisa membantu seo sebuah blog, bagaimana cara optimasi labels blogspot agar seo friendly? Langsung cek aja ya..

Permalink SEO Friendly
Permalink atau yang biasa dikenal dengan url atau alamat sebuah halaman artikel di blogspot ternyata bisa memberikan kontribusi untuk blog supaya lebih seo friendly, mau tahu caranya? Langsung saja sobat cek di cara optimasi setting custom permalink di blogspot seo friendly.

Search Description
Meta description telah menjadi teknik SEO onpage yang hampir kadaluarsa, namun ternyata masih cukup efektif untuk menjaring pengunjung blog sobat. Bagaimana caranya? Dapatkan informasinya di optimasi meta description SEO friendly.

SEO Off-page

1). Link Building
Link building atau membangun link untuk sebuah blog merupakan faktor yang mempengaruhi peringkat blog dalam hasil pencarian, apa saja faktornya dan bagaimana membangun link yang aman dari algoritma Penguin? Simak informasinya dalam Link Building untuk Blogger Pemula

2). Promosi Blog

Dari peta belajar SEO blogspot untuk pemula diatas, semoga bisa membantu sobat yang bingung dan bertanya dari mana semestinya cara belajar SEO untuk pemula di mulai. Jika masih ada yang kurang dalam artikel ini, silahkan berikan komentar ya sobat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.